Berita Pangkalpinang

Gubernur Sambut Positif Pengelolaan Bandara Hanandjoeddin oleh AP II

Erzaldi menyebut, akan ada investasi Rp 500 miliar untuk pengembangan bandara di antaranya untuk bangunan dan perluasan apron.

Gubernur Sambut Positif Pengelolaan Bandara Hanandjoeddin oleh AP II
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Gubernur Provinsi Babel, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyambut baik pengelolaan Bandara H.AS. Hanandjoeddin, Belitung, oleh PT Angkasa Pura (AP II). Menurut dia, ini penting untuk percepatan pembangunan bandara dan percepatan pembangunan pariwisata Belitung.

"Ini untuk percepatan," kata Erzaldi di di Kantor Gubernur, Senin (14/10/2019).

Erzaldi menyebut, akan ada investasi Rp 500 miliar untuk pengembangan bandara di antaranya untuk bangunan dan perluasan apron.

"Sehingga apron yang selama ini dirasakan kurang, itu bisa terpenuhi dengan adanya investasi ini," kata Erzaldi.

Selain itu, di Babel juga akan dibangun tiga pelabuhan. Ketiganya berlokasi di Tanjungular (Bangka Barat) dan Manggar serta Dendang (Belitung Timur).

"Ini akan segera dibangun. Tahun depan mulai," katanya.

Bandara H.AS Hanandjoeddin, Belitung, saat ini resmi dikelola oleh PT Angkasa Pura (AP2). Pengelolaan tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Barang Milik Negara (BMN) Pada Bandar Udara Kelas I HAS Hanandjoeddin dan Fatmawati Soekarno yang ditandatangani Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti dan President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Berdasarkan rilis pers Kemenhub, Presiden Direktur PT AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan di Bandara HAS Hanandjoeddin, Angkasa Pura II akan membangun terminal baru dan perluasan terminal eksisting untuk mengakomodir maksimal 6 juta penumpang hingga 30 tahun mendatang.

Sebab, terminal yang ada saat ini sudah tidak memadai karena hanya mampu melayani 300.000 penumpang, sementara jumlah penumpang yang datang dan pergi dari Bandara HAS Hanandjoeddin sudah tembus 1 juta orang per tahun.

"Kami siapkan Rp 559,9 miliar untuk HAS Hanandjoeddin, setengahnya untuk pengembangan terminal. Sisanya untuk fasilitas lainnya seperti penebalan runway," ujarnya.

Angkasa Pura II sendiri berkomitmen menerapkan standar global dalam pengelolaan seluruh fasilitas bandara di bawah perseroan, termasuk 3 bandara yang baru diserahkan oleh Pemerintah.

Hadir dalam kegiatan ini, yaitu Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung dan perwakilan lembaga dan instansi terkait lainnya.

(bangkapos.com/ dedy qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved