Berita Pangkalpinang

Kelekak Nusantara untuk Memotivasi Masyarakat

ubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya terkait pengurangan risiko bencana

Kelekak Nusantara untuk Memotivasi Masyarakat
Bappeda
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membuka Musrenbang Perubahan RPJMD Tahun 2017-2022, di Ballroom Hotel Sol Marina, Senin (26/08). Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya terkait pengurangan risiko bencana di Babel. Kelekak Nusantara di Bukit Mangkol (Bangka Tengah) adalah satu di antaranya.

Kelekak Nusantara adalah upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat Babel untuk menanam. Kondisi Bukit Mangkol yang diakui sudah rusak parah diharapkan bisa diperbaiki melalui program-program menanam seperti Kelekak Nusantara.

"Ini upaya kami untuk memotivasi masyarakat untuk menanam. Kami pusatkan di Mangkol karena sudah sangat rusak di sana," kata Erzaldi kepada wartawan di sela peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) nasional 2019 di Hotel Novotel, Bangka Tengah, Minggu (13/10/2019).

Selain itu, dia juga mengusulkan agar Babel menjadi pusat pembibitan tanaman, yang akan dijadikan tanaman rehabilitasi di sejumlah daerah di Indonesia. Keinginan ini sudah ia sampaikan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

"Kami ingin agar BNPB menjadikan Babel sebagai pusat pembibitan pohon yang memang difungsikan rehabilitasi hutan, kita minta ahlinya bisa datang Babel," ujar Erzaldi.

Erzaldi menilai Babel adalah tempat yang cocok. Cukup banyak tersedia lahan yang bisa dijadikan tempat pembibitan. Namun ia meminta agar pakar atau ahlinya bisa langsung datang melihat dan menentukan tanaman yang akan dijadikan ditanam dan menjadi pembibitan.

"Harus diasistensi oleh BNBP kita harap ahlinya dari mereka," ujarnya.

Ketika nantinya, provinsi dari wilayah Barat Indonesia atau lainnya membutuhkan pohon, Babel siap mensuplai bibit pohon tersebut. "Kita siapkan lahan, nantinya di dekat bandara ini cukup luas, dan kepala BNPB juga mengajak dorongan dari swasta dalam hal ini," kata dia.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved