Berita Pangkalpinang

Ketua Fordas Bangka Belitung Soroti Lemahnya Penegakkan Hukum Pada Tambang Ilegal

Setiap tahun 2,5 persen DAS di Babel mengalami degradasi lingkungan. Setiap tahun daerah kritis bertambah

Ketua Fordas Bangka Belitung Soroti Lemahnya Penegakkan Hukum Pada Tambang Ilegal
BANGKAPOS.COM / DEDY Q
Ketua Fordas Babel Fadillah Sobri 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Kepulauan Bangka Belitung Fadillah Sobri mengatakan gerakan penghijauan perlu didukung oleh aparat penegak hukum.

Menurutnya penghijauan percuma dilakukan jika penegakkan hukum terhadap tambang-tambang ilegal lemah. Kondisi ini dirasakan dan disoroti oleh Fadillah.

"Penegakkan hukum ini semestinya harus dikedepankan. Tugas kami hanya mengingatkan dan menyampaikan. Meskipun kami ini ibarat burung pipit yang mau menyirami hutan yang terbakar, kami tetap ngomong, jangan berhenti bicara. Sangat lemah penegakkan hukum ini," beber Fadillah seusai rapat kesiapan penanaman rehabilitasi hutan dan lahan kritis di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur, Senin (14/10/2019).

Fadillah mengatakan, ia sudah berkali-kali menyampaikan hal ini kepada penegak hukum. Fadillah merasa penegakkan hukum tidak berdaya menghadapi aktivitas tambang illegal.

"Contoh di dekat Sungai Perimping, itu tidak boleh, haram hukumnya menambang di dekat sungai. Di sepadan saja tidak boleh, apalagi di badan sungai. Ini kenapa aparat penegak hukum ini diam, kawan-kawan itu sudah mengeluh sudah, bingung. Kenapa seakan-akan para penambang ilegal ini kebal hukum," ucap Fadillah

Setiap tahun 2,5 persen DAS di Babel mengalami degradasi lingkungan. Setiap tahun daerah kritis bertambah.

Pemicunya adalah aktivitas pertambangan dan perkebunan yang tidak mengindahkan aturan.

"Sekarang kita lihat, sungai semakin dangkal, sedimen semakin banyak, lahan kritis semakin bertambah. Lalu, upaya untuk mengembalikan itu ada tidak? Ada, cuma tidak sebanding dengan kerusakan," katanya.

Fadillah menyambut positif langkah yang ingin dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman untuk melakukan Gerakan Penghijauan.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved