Berita Bangka Tengah

Tingkatkan Mutu Pendidikan SMKN 1 Sungaiselan Gandeng PT DAIKIN

Kerjasama sama program Link and Match Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU).

Tingkatkan Mutu Pendidikan SMKN 1 Sungaiselan Gandeng PT DAIKIN
Ist
Perwakilan PT DAikin dan Pihak Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II bersama Pihak SMK Negeri 1 Sungaiselan menandatangani MoU Kerjasama Program Link and Match 

BANGKAPOS.COM-- Meyingkapi kebutuhan dan tantangan global dunia kerja yang akan dihadapi oleh lulusan sekolah formal dimasa mendatang, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II melalui SMK Negeri 1 Sungaiselan yang mempunyai juruan Teknik Pendingin dan Tata Usaha (TPTU) bergerak cepat mengadakan kerjasama sama program Link and Match Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU).

Berdasarkan Pres Release yang diterima Bangkapos.com pada hari Senin (14/10/2019) penandatanganan MoU Kerjasama Program Link and Match tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 9 Oktober 2019 bertempat di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hadir pada penandatangan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Soleh, Kepala SMKN 1 Sungaiselan Resdian, Kasubbag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Sihono Widodo, dan pihak Perusahaan DAIKIN di wakili oleh Advisor Training Department Sumarno, Head Training Department Joko Trisharyanto, dan Head Service Station Cabang Palembang Tri Oktafian.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Pendidikan mengatakan bahwa pengembangan program Link & Match Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), sangat dibutuhkan dalam rangka pengembangan kompetensi dan mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Pengembangan program ini sangat dibutuhkan untuk pengembangan kompetensi dan mutu pendidikan sekolah, terlebih lagi satu-satunya jurusn TPTU hanya ada di SMKN 1 Sungaiselan," kata Soleh, Rabu (9/10/2019)

Dalam penjelasan teknis yang dipaparkan oleh Sumarno selaku Advisor Traning Department, Perusahaan DAIKIN merupakan Perusahaan merk AC Ternama dari Jepang yang peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan dibukanya Training Department, dan Perusahaan DAIKIN juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam penyelenggaraan peningkatan kompetensi bidang teknik pendingin dan tata udara di sekolah menengah kejuruan (SMK) seluruh Indonesia termasuk dengan SMKN 1 Sungaiselan ini.

Keberpihakan Perusahaan DAIKIN terhadap dunia pendidikan juga tampak pada point MoU yang menjelaskan bahwa DAIKIN memfasilitasi penyelarasan kurikulum dan penyusunan bahan ajar, melaksanakan pelatihan guru dan tenaga kependidikan di Daikin National Training Center Jakarta.

DAIKIN menyediakan Unit AC untuk sarana praktik di SMK Negeri 1 Sungaiselan, mengirimkan instruktur sebagai guru tamu di SMK Negeri 1 Sungaiselan secara periodik, memfasilitasi pelaksanaan praktik kerja lapangan bagi peserta didik SMK Negeri 1 Sungaiselan di seluruh kantor DAIKIN, yang meliputi kantor pusat, kantor cabang, workshop, dan mitra kerja DAIKIN.

Menyediakan asessor untuk pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Sungaiselan, memberikan kesempatan berkarir bagi lulusan SMK Negeri 1 Sungasielan untuk bekerja di Perusahan DAIKIN dan/atau mitra kerja perusahaan DAIKIN, dan terakhir memfasilitasi pengembangan kewirausahaan bagi peserta didik dan/atau lulusan SMK Negeri 1 Sungaiselan.

Pihak PT DAIKIN diajak untuk mengunjungi lokasi SMKN 1 Sungaiselan dan melihat keadaan sekolah tersebut.

Resdian selaku Kepala SMKN 1 Sungaiselan yang didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II,  berharap  dengan adanya program Link & Match Jurusan TPTU ini dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan SMKN 1 Sungaiselan, sehingga lulusan jurusan TPTU SMKN 1 Sungaiselan lebih berkualitas dan siap memasuki dunia kerja dunia industri.

Program ini adalah gerak cepat dari pihaknya sesuai instruksi dari Gubernur Babel dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II yang mendorong pengembangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), bagi semua jurusan SMK yang ada di wilayah Bangka Belitung.

Menurut Sihono Widodo bahwa Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II mendorong semua SMK yang ada di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II menyusun peta revitalisasi SMK yakni revitalisasi kurikulum, pendidik  dan tenaga kependidikan, kerja sama dengan dunia usaha dunia industri, dan terakhir adalah peningkatan kompetensi lulusan agar siap masuk dalam dunia usaha dan dunia kerja seperti yang telah dilakukan SMK Negeri 1 Sungaiselan dengan Perusahaan DAIKIN. (Bangkapos/Rilis/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved