Bangka Belitung Akan Larang Muntok White Pepper Dikirim Antar Pulau

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melarang pengiriman Muntok White Papper antar pulau di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena Muntok White

Bangka Belitung Akan Larang Muntok White Pepper Dikirim Antar Pulau
bangkapos.com/dedy qurniawan
Ketua Tim Pengawas Pembinaan dan Pengendalian Tata Kelola Lada, Zaidan (tengah) 

Bangka Belitung Akan Larang Muntok White Pepper Dikirim Antar Pulau

BANGKAPOS.COM - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melarang pengiriman Muntok White Papper antar pulau di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena Muntok White Pepper (Lada Putih) sudah terdaftar sebagai indikasi geografis (IG) atau produk pertanian unggulan Babel di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Pelarangan ini merupakan bagian dari upaya Babel membangkitkan kejayaan Lada Babel lewat merek Muntok White Pepper.

Rencana kebijakan ini disampaikan oleh Ketua Tim Pengawas Pembinaan dan Pengendalian Tata Kelola Lada, Zaidan, seusai rapat bersama pihak terkait dengan Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Kantor Gubernur Babel, Selasa (15/10/2019).

Zaidan mengatakan Babel sudah membentuk Badan Pengolahan Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3L) Babel sejak 2009. Kemudian, Babel juga membentuk Badan Pengawas Indikasi Geografis dan Tata Kelola Lada.

Peran kedua badan ini akan dioptimalkan. "Pak Gubernur menekankan akan melaksanakan pengaturan tata kelola lada satu pintu. Jadi tidak ada lagi pengiriman Lada Babel antar pulau, antar provinsi," kata Zaidan, Selasa (15/10/2019).

Dia mengatakan, ekspor Lada Babel juga akan diatur menggunakan kemasan khusus berlabel IG (Identitas Geografis) Babel. Tujuannya adalah penjaminan mutu.

"Kami juga akan menguatkan peran BP3L sekaligus badan pengawas supaya organisasi ini bekerja dengan baik guna mememperkuat upaya tata kelola Lada ini," ucapnya.

Peran pemerintah juga akan diperkuat untuk membina dan mengawasi IG Muntok White Pepper dan pelaksanaan Sistem Resi Gudang. Penegakkan hukum dalam pengolalaan Lada pun akan ditingkatkan.

"Kami akan men-somasi pihak-pihak yang terbukti merugikan IG Muntok White Pepper ini," katanya.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved