Berita Pangkalpinang

DLH Pangkalpinang Ajak Warga Binaan Keroyokan Bersih Sampah di TPA Liar, Berhasil Kumpulkan 5 Ton

Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang menggandeng warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Tuatunu keroyokan membersihkan sampah

DLH Pangkalpinang Ajak Warga Binaan Keroyokan Bersih Sampah di TPA Liar, Berhasil Kumpulkan 5 Ton
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Gotong royong membersihkan sampah berserakan di TPA liar sekitaran Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Selasa (15/10/2019 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang menggandeng warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Tuatunu keroyokan membersihkan sampah di beberapa titik wilayah kota Pangkalpinang, Senin (15/10/2019).

Kasi pengolahan sampah, Ikhwanus Shopa, mengatakan, kerja sama dengan Lapas Tuatunu ini mengajak 25 warga binaan dan akan dilakukan hingga November nanti.

Sebelum gotong-royong, pihaknya mensurvey lokasi yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah.

Sementara gotong-royong tadi dilakukan di Kelurahan Jerambah gantung, Stadion Depati Amir, perumahan Greenland dan Jalan Lintas Timur.

Ikhwanus mengatakan, warga binaan ini merupakan mereka yang sudah dipilih oleh pihak lapas untuk ikut serta bersama DLH. Tujuannya agar ketika lepas menjalani masa tahanan tidak lagi canggung bersosialisasi di lingkungan masyarakat.

"Tahun-tahun sebelumnya pernah kerja sama dengan lapas seperti ini, tapi sempat vakum dan sekarang kami mulai kembali," kata Ikhwanus.

Dari hasil gotong-royong itu, sampah yang terkumpul mencapai seberat lima ton dan didominasi oleh sampah plastik. Sebenarnya, pada kawasan-kawasan TPA liar ini, diakui Wanus sudah dipasang spanduk peringatan dan larangan. Namun kebiasaan masyarakat masih membuang sampah di tempat yang bukan peruntukkannya.

"Ini penanganan sementara saja, tapi lebih efektif apabila itu kesadaran masyarakat untuk merasa memiliki daerahnya, tentu akan menjaga dan tidak membiarkan sampah dibuang sembarangan," harap Ikhwanus. (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved