Advertorial

Masjid Syuhada Pasir Putih Segera Dibangun

Masjid Syuhada terletak di RT 001 RW 01, Kel. Pasir Putih, Kec. Bukit Intan Pangkalpinang akan segera dibangun sejak direncanakan tahun 2013 silam

Masjid Syuhada Pasir Putih Segera Dibangun
Ist/Masjid Syuhada Pasir Putih Segera Dibangun
Masjid Syuhada yang terletak di RT 001 RW 01, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang akan segera dibangun sejak direncanakan tahun 2013 silam 

BANGKAPOS.CO,BANGKA-- Masjid Syuhada yang terletak di RT 001 RW 01, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang akan segera dibangun sejak direncanakan tahun 2013 silam.
Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan oleh Wali Kota Pang­kalpinang Maulan Aklil dan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Pangkalpinang, Abdul Rohim, Kepala BNN serta unsur Forkominda, camat dan lurah setempat, tokoh agama serta tamu undangan lainnya, Senin (14/10/2019).

Ketua Panitia Pembang­unan Masjid, Arkani mene­rangkan, rencana pembang­unan masjid yang nantinya akan dibangun dua lantai ini sudah dimulai sejak 2013 lalu, namun terkendala dana dan baru bisa direalisasikan tahun ini.

Masjid yang menempati lahan milik Pemerintah Kota Pangkalpinang ini membutuhkan dana pembangunan sebesar Rp 6 miliar, sedang­kan dana yang terkumpul baru sekitar Rp 500 juta.

“Bantuan dana yang diberikan dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sebesar Rp 150 juta, Pemerintah Kota Pangkalpinang sekitar Rp 227 juta, Kementerian Agama Rp 50 juta dan dari bantuan donatur lainnya. Mohon doanya mudah-mudahan cepat selesai,” kata Arkani.
“Masih banyak sekali yang kurang. Dana yang terkumpul ini kami gunakan untuk bangun pondasinya dulu, sebetulnya untuk pembangunannya ini mau kami pasang paku bumi, tapi dana terlalu besar jadi kami lakukan pengeboran saja,” lanjutnya.

Arkani menerangkan, pihaknya punya alasan kenapa pembangunan masjid yang telah ada sebelumnya diperluas, terutama karena kapastitas untuk salat, jumlah jamaah tidak mencukupi lagi, misal saat Salat Jumat maupun Salat Hari Raya.

Selain itu nantinya masjid ini akan digunakan untuk kegiatan majelis taklim serta keagamaan lainnya sedangkan masjid yang lama akan digunakan sebagai tempat TPA (Tempat Pembelajaran Alquran) dan akan dibangun juga panti jompo dan rumah yatim piatu.

“Desain bangunan masjid ini tidak jauh berbeda dengan masjid-masjid yang ada, namun Masjid Syuhada dibuat tidak memiliki teras atau beranda. Kalau target selesai tidak ada, karena dana yang dibutuhkan sekitar Rp 6 miliar jadi nunggu sampai bisa terkumpul untuk rampung penyelesaiannya,” sebut Arkani.

Sementara Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menyambut baik pembangunan Masjid Syuhada yang terletak di Jalan Ratna RT 001 RW 01 Kelurahan Pasir Putih ini.

Diapun mengajak masyarakat untuk memperkuat ilmu agama selain dibarengi deng­an duniawi, selain itu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita harus perkuat fundamental agama kita, kita mulai dari keluarga dari masjid, musholah, kita jaga lingkungan kita, percuma kalau kita tidak kuat secara fundamental kita,” terangnya di hadapan tamu undangan yang hadir. (adv/n7/may)

Penulis: iklan bangkapos
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved