Berita Pangkalpinang

PDAM Tirta Pinang Hentikan Sedot Air Baku Kolong Pedindang, Ini Penyebabnya

Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang Kota Pangkalpinang menghentikan operasi pompa intake kapasitas 80 liter per detik

PDAM Tirta Pinang Hentikan Sedot Air Baku Kolong Pedindang, Ini Penyebabnya
Bangkapos.com/Edwardi
Kondisi sumber air baku PDAM Tirta Pinang di Kolong Pedindang terlihat sudah mengering akibat musim kemarau 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Pinang Kota Pangkalpinang menghentikan operasi pompa intake kapasitas 80 liter per detik yang biasa digunakan untuk menyedot air baku di Kolong Pedindang pada hari Senin (14/10/2019) pukul 10.00 WIB.

Pasalnya posisi pompa intake sudah berada diatas permukaan air kolong akibat mengalami kekeringan pada musim kemarau yang panjang tahun ini.

"Akibat kejadian ini manajemen PDAM segera mengalihkan sumber air baku ke pompa intake di Kolong Retensi Kacang Pedang dengan kapasitas pompa 100 liter per detik," kata Zuniar Nangtjik, Direktur PDAM Tirta Pinang kepada Bangkapos.com, Selasa (15/10/2019) di kantornya.

Diakuinya, pada awal pengalihan pompa intake ke Kolong Kacang Pedang ini, PDAM sempat mengalami masalah karena saat ini kolong retensi Kacang Pedang sedang dilakukan pengerukan, sehingga tingkat kekeruhan air baku sangat tinggi mencapai di atas 15.000 ntu.

"Kemarin itu kita harus bekerja keras hingga tengah malam pukul 00.30 WIB untuk melakukan ujicoba penyedotan dan Alhamdulillah mendapatkan hasil air baku yang cukup bagus, sehingga bisa dilakukan pengolahan dan penyaluran ke rumah-rumah para pelanggan," ujar Zuniar.

Diungkapkannya, kapasitas pompa intake di Kolong Kacang Pedang yang disedot yakni 100 liter per detik (lps), bila melihat level ketinggian air masih berkisar 2 meter kedalamannya.

"Kami perkirakan cadangan air baku di Kolong Kacang Pedang ini bisa bertahan 1,5 sampai 2 bulan ke depan paling lama bisa disedot, apabila tidak ada turun hujan," tukas Zuniar. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved