Strategi Erzaldi Tingkatkan Harga Lada, Berencana Aktifkan UPT Rumah Kemasan Tahun Depan

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menekankan pentingnya proses hilirisasi dan pengemasan (packaging) Lada Bangka Belitung

Strategi Erzaldi Tingkatkan Harga Lada, Berencana Aktifkan UPT Rumah Kemasan Tahun Depan
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Gubernur Babel Erzaldi Rosman 

Strategi Erzaldi Tingkatkan Harga Lada, Berencana Aktifkan UPT Rumah Kemasan Tahun Depan

BANGKAPOS.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menekankan pentingnya proses hilirisasi dan pengemasan (packaging) Lada Bangka Belitung.

Ini ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara peresmian koperasi syariah membangun usaha insani dan deklarasi beli dan bela produk halal Babel yang digelar MUI Babel di Kantor BI Perwakilan Babel, Senin (14/10/2019).

Dia menilai kurang tepat jika petani masih menjual Ladanya ke eksportir. Padahal, untuk meningkatkan harga Lada, perlu strategi dengan cara hilirisasi dan packaging.

Erzaldi menyontohkan, harga Lada bukanlah Rp 46 ribu per kilogram seperti di tingkat pengepul saat ini. Pasalnya, jika dicek di Jakarta dan Bali, harga lada per 100 gram adalah senilai Rp 150 ribu.

"Sekilonya berarti Rp 1,5 juta. Apa yang bikin dia mahal, kreativitas, packaging, hilirisasi, tumbuk dan lain sebagainya," kata Erzaldi.

Karena itu, Erzaldi menyampaikan rencana mengaktifkan UPT Rumah Kemasan pada tahun depan. Tujuannya untuk mendorong hilirisasi Lada Babel serta membantu UMKM di Babel-sesuatu yang penting bagi Lada Babel.

"Mau harga mahal harus ada strategi," katanya.

Selain itu, Erzaldi menyadari petani Lada Babel saat ini mengeluhkan harga Lada yang murah. Menurutnya, ada yang belum disadari oleh petani saat ini, yakni rendahnya produktivitas kebun Lada di Babel.

Karena itu, dia mendorong petani untuk meningkatkan teknologi pertanian mereka. Pemerintah juga sudah men-support hal ini lewat bibit gratis dan penyuluh pertanian.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved