Berita Sungailiat

Pemkab Bangka Bakal Gelar Beauty Contest Untuk Pengerukan Muara Air Kantung Sungailiat

Pemerintah Kabupaten Bangka akan melakukan beauty contest terhadap perusahaan manapun yang ingin menjadi mitra pemerintah

Pemkab Bangka Bakal Gelar Beauty Contest Untuk Pengerukan Muara Air Kantung Sungailiat
Bangkapos.com/Riki Pratama
Bupati Bangka Mulkan 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pemerintah Kabupaten Bangka akan melakukan beauty contest terhadap perusahaan manapun yang ingin menjadi mitra pemerintah dalam upaya menanggulangi pendangkalan alur muara Air Kantung, Pelabuhan Perikanan Nusantara, Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, yang sampai saat ini masih dikeluhkan masyarakat.

Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan mengatakan, mereka akan melaksanakan semacam sayembara terhadap perusahaan yang ingin memaparkan program kerja dalam upaya membantu Pemerintah mengatasi pendangkalan di alur muara tersebut.

"Jadi seperti sayembara, kita melaksanakan beauty contest memaparkan kinerja mereka inilah nanti ada tim penilai perusahaan yang ikut, akan melakukan paparan ini suatu referensi penilaian, mana yang lebih layak sebagai mitra pemerintah,"ungkap Mulkan kepada Bangkapos.com, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, tidak ada maksud menyingkirkan dan tersingkir, namun lebih memberikan ruang terhadap perusahaan yang mampu menunjukkan kinerjanya dalam membantu Pemerintah daerah.

"Bukan masalah tersingkir, tetapi memberikan peluang kinerja ini otomatis setiap tahun adanya peningkatan, yang akan di verifikasi oleh tim pengkajian yang nanti kita akan bentuk," tegas Mulkan.

Dengan adanya beauty contest ini ia mengharapkan perusahaan yang ikut nantinya, bisa menunjukkan program dan kinerja dalam upaya membantu masyarakat nelayan nantinya yang mengeluhkan terkait pendangkalan muara air kantung tersebut.

"Nanti kita lihat siapa yang berminat, silakan untuk memaparkan program mereka, yang inginkan pertama masyarakat tidak ada keluhan dalam pengerukan, lalu mereka punya program nanti dan harus paling terpenting bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat, pengumumanya masih panjang, bisa akhir tahun atau tahun 2020 nanti," kata Mulkan.

Menolak Menurunkan

Sebelumnya PT Pulomas yang  pengeruk alur Muara Air Kantung, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, sempat mengajukan permohonan pengurangan pajak pengiriman pasir kwarsa , beberapa waktu lalu, akhirnya tidak dikabulkan oleh Bupati Bangka Mulkan.

Menurutnya pemkab melalui Inspektorat telah melakukan evaluasi terhadap kinerja PT Pulomas Sentosa perusahaan tambang tersebut, mereka akan menaikan pajak retribusi bukan malah mengurangi pajak sesuai yang diminta perusahaan tambang itu.

Bupati Bangka Mulkan, mengatakan, terkait kinerja perusahaan tambang tersebut Inspektorat telah melakukan evaluasi serta meminta perusahaan tersebut melakukan pemaparan kembali terhadap kinerja mereka.

"Kami sudah mendapat evaluasi dari Inspektorat, kita tidak melarang untuk bermitra, tetapi harus dilakukan suatu perbaikan dari pada kinerja Perusahaan tersebut, nanti mereka akan memaparkan kembali, kalau mereka bersedia, berdasarkan keinginan masyarakat yang ingin adanya suatu komitmen dan peningkatan kinerja dari pada pengerukan alur tersebut," jelas Mulkan.

Mulkan menambahkan, mereka tidak bisa memberikan keringanan berupa pengurangan pajak retribusi yang diajukan perusahaan tambang dari Rp 3.500 perton menjadi Rp 3.000 pertonya.

"Kita hanya memberikan suatu keringanan hanya 50 persen, diatas itu kita tidak bisa. Ada kenaikan nanti, sesuai keinginan masyarakat, masyarakat mengatakan tidak terlalu maksimal terhadap retribusi pajak diberikan PT tersebut," tegas Mulkan.(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved