Pemkab Bangka Dapat Kucuran Dana Rp 8,5 Miliar Dari Inovasi Ransel Si Dora

Dari inovasi aplikasi ketersediaan darah atau disingkat dengan Ransel Si Dora yang dikreasikan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka berhasil

Pemkab Bangka Dapat Kucuran Dana Rp 8,5 Miliar Dari Inovasi Ransel Si Dora
bangkapos.com/Riki Pratama.
Bupati Bangka Mulkan. 

Pemkab Bangka Dapat Kucuran Dana Rp 8,5 Miliar Dari Inovasi Ransel Si Dora

BANGKAPOS.COM -- Dari inovasi aplikasi ketersediaan darah atau disingkat dengan Ransel Si Dora yang dikreasikan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka berhasil masuk ke dalam deretan TOP Inovasi 99 pelayanan publik seluruh Indonesia.

Kemudian, Ransel Si Dora kembali masuk dalam jajaran 45 inovasi terbaik pelayanan publik seluruh Indonesia, yang kemudian penghargaannya langsung diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden Jakarta tersebut menghasilkan kucuran dana segar dari Pemerintah pusat ke daerah Kabupaten Bangka sebesar Rp 8,5 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Bangka, Mulkan yang mengucapkan syukur dengan adanya inovasi tersebut, bisa membantu menambah APBD Kabupaten Bangka.

"Bersyukur Allah diberikan kepada Pemkab Bangka, suatu dorongan kepada pendapatan daerah, dan juga dengan adanya inovasi merupakan motivasi kita lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,"ungkap Mulkan kepada wartawan, Rabu (16/10/2019)

Ia menjelaskan ada tiga indikator yang menjadi kunci keberhasilan daerah untuk meraih kucuran dana dari Pemerintah Pusat, dari Opini Wajar Tanpa Pengecualian, penyampaian APBD dan Inovasi seperti aplikasi ini.

"Yang harus kita sebagai indikator penilaian pemerintah pusat, yakni WTP , lalu tepat dalam penyampaian, APBD harus sesuai dengan ketentuan tepat waktu dan Inovasi seperti ransel si dora ini bagaimana upaya pemingkatan APBD kita, dan kita tahun ini mendapatkan Rp 8,5 miliar dari inovasi yang masuk top 45 ini,"tuturnya.

Tentunya, sambungnya dengan ada penghargaan ini bisa memacu OPD lainya untuk terus menciptakan inovasi dalam upaya mendapatkan kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat dan membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan adanya penghargaan ini, menjadi pemacu untuk meningkatkan inovasi itu dari pada pengelolahan pelayanan ke masyarakat, karena masih banyak objek, yang bisa dibuatkan suatu inovasi intinya, untuk lebih cepat memberikan pelayanan terhadap masyarakat,"tukasnya

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved