Berita Bangka Selatan

Aplikasikan Mindset Follow The Money, Efektif Bantu Penyidik Ungkap Kasus Korupsi dan Pencucian Uang

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berikan pelatihan kepada Jajaran Kepolisian Resor Bangka Selatan

Aplikasikan Mindset Follow The Money, Efektif Bantu Penyidik Ungkap Kasus Korupsi dan Pencucian Uang
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Ketua Kelompok Kerjasama Dalam Negeri PPATK, Kombes Pol Rachmawati Ketika Ditemui di Mapolres Bangka Selatan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berikan pelatihan kepada Jajaran Kepolisian Resor Bangka Selatan sebagai upaya peningkatan pembangunan kapasitas kepolisian dalam penyidikan pencucian uang. Kamis, (17/10/2019)

Ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua Kelompok Kerjasama Dalam Negeri PPATK, Kombes Pol Rachmawati yang didampingi tim dan Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji menyatakan dengan adanya pelatihan ini diharapkan kemampuan penyidik dalam penyelesaian permasalahan pencucian uang menjadi lebih baik.

Dari pelatihan ini diharapkan juga para penyidik yang dulunya menganut pola pikir 'follow the suspect' untuk menganut konsep 'follow the money'.

Menurut pengakuan Kombes Pol Rachmawati mindset follow the money bekerja jauh lebih efektif untuk mengungkap kasus-kasus korupsi dan kasus pencucian uang.

"Dengan mengaplikasikan follow the money, penyidik punya kemampuan dan dapat mengejar pelaku hingga dapat mengetahui dan siapa saja yang terhubung pada aliran dananya," ujar Kombes Pol Rachmawati.

Tak hanya itu, dengan menggunakan metode follow the money, semua aliran uangnya dan pelaku bisa terdeteksi tanpa diketahui pelaku dan bisa dijadikan alat bukti untuk menjerat pelaku.

Kegiatan ini di Bangka Belitung lanjut Kobes Pol Rachmawati baru pertama kali dilakukan di Mapolres Bangka Selatan dan nantinya usai menggelar kegiatan di Toboali akan melanjutkan ke Mapolda Bangka Belitung untuk bertemu dengan Kapolda Babel, Brigjen Pol Istiono.

"Kita berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi trigger kepada polres lainnya yang ada di Bangka Belitung," lanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji menyatakan dengan hadirnya PPATK di Maporles Bangka Selatan dapat menjadi pengetahuan baru bagi jajarannya dalam penguakan sebuah kasus pencucian uang.

"Dengan pengetahuan baru ini, kita harapkan pelaksanaan tugas kita di kepolisian dapat berjalan dengan baik dan maksimal dalam penangkapan," tandasnya.

(bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved