Lomba Gasing Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Bangka Barat

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangka Barat kembali menggelar lomba gasing

Lomba Gasing Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Bangka Barat
Ist
Staf Ahli Bupati, Antoni Pasaribu, S.Pd. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yanuar SH dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Suwito, beserta tamu undangan lainnya saat pembukaan acara lomba gasing di gelanggang gasing Baturakit 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangka Barat kembali menggelar lomba gasing bertempat di gelanggang gasing Baturakit kecamanatan Muntok, Kamis (17/10).

Acara ini dibuka oleh Bupati Bangka Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Antoni Pasaribu.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan dari Polres Bangka Barat, perwakilan Kodim 0431, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ketua Persatuan Gasing Seluruh Indonesia (PERGASI) Bangka Belitung, Camat Muntok dan tamu undangan lainnya.

Lomba gasing telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Disbudpar Kabupaten Bangka Barat, Tahun ini sebanyak 120 peserta akan berlaga memperebutkan total hadiah Rp 7,7 Juta Rupiah.

Selain dari Bangka Barat, peserta lomba juga berasal dari Bangka Tengah dan Belitung Timur. Perlombaan yang berlangsung selama 3 hari ini terbagi menjadi 2 kategori untuk putra dan putri.

Ketua pelaksana Romi’at mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan warisan budaya dan melestarikan olahraga tradisional serta memberikan manfaat optimal bagi sektor pariwisata sehingga dapat mempromosikan daya tarik wisata kabupaten Bangka Barat.

Seperti yang diketahui bahwa gasing merupakan salah satu bentuk permainan rakyat tradisional yang awalnya merupakan permainan untuk mengisi waktu senggang dan sebagai sarana hiburan.

Salah satu peserta lomba gasing beraksi
Salah satu peserta lomba gasing beraksi (Ist)

Dalam sambutnya Antoni yang mewakili Bupati Bangka Barat mengharapkan lomba gasing menjadi media dalam membangun semangat masyarakat, khususnya generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai dari berbagai permainan rakyat yang ada dalam kearifan dan tata nilai yang khas serta mencintai dan bangga memainkannya.

“Saya mengharapkan permainan tradisional ini khususnya di kabupaten Bangka Barat harus terus menerus dikembangkan untuk mempertahankan wisata budaya dan juga perlu dikembangkan agar memberi manfaat yang optimal bagi sektor pariwisata sehingga dapat mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Barat.” kata Antoni

Terpisah Ketua PERGASI Bangka Belitung, Agus, MD sangat mengapresiasi lomba gasing ini yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan berharap kedepan Bangka Barat menjadi tempat dan tujuan orang untuk belajar tentang gasing.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved