Berita Pangkalpinang

Sisa Kuota PBI Masyarakat Pangkalpinang Sebanyak 4712

Pemerintah Kota Pangkalpinang masih menyediakan kuota 4712 untuk Peserta Bantuan Iuran (PBI)

Sisa Kuota PBI Masyarakat Pangkalpinang Sebanyak 4712
Bangkapos/irakurniati
Sosialisasi program JKN KIS Kecamatan Girimaya di Renz Hotel, Kamis (17/10/2019) 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kota Pangkalpinang masih menyediakan kuota 4712 untuk Peserta Bantuan Iuran (PBI). PBI ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu. Sayangnya, menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Suriyanto, masyarakat masih kurang partisipasi untuk mendaftarkan kepesertaan tersebut.

"PBI ini dibiayai pemerintah, tapi masih banyak yang belum mendaftar. Setiap acara kami sosialisasikan, mengurus PBI ini sebenarnya tidak sulit," kata Suriyanto, setelah mengadakan sosialisasi program JKN KIS Kecamatan Girimaya, Kamis (17/10/2019).

Sementara jumlah kuota yang disediakan ditahun 2019 sebanyak 23.750 dan yang baru terealisasi 19.038. Suriyanto mengatakan, dua bulan terakhir ini pihaknya akan gencarkan untuk mencapai target tersebut. Disinggung alasan masyarakat tidak mendaftar lantaran pelayanan BPJS, dia tidak ikut berkomentar.

"Kalau itu teknis BPJS ya, kami membantu masyarakat memperoleh layanan kesehatan dari pemerintah," tambahnya.

Dia mengatakan, untuk mengurus kepesertaan PBI cukup mendapatkan surat rekomendasi atau surat keterangan tidak mampu dari dinas sosial. Setelah dinsos mengeluarkan surat tersebut, baru diserahkan ke dinas kesehatan untuk dikumpulkan dan diserahkan ke BPJS. Kategori miskin atau kurang mampu merupakan tugas dinas sosial untuk menyatakan klasifikasi tersebut.

Suriyanto berharap, pihak RT/RW dapat mensosialisasikan program JKN KIS ini agar semua masyarakat dengan kriteria tersebut dapat menjadi peserta yang dibiayai oleh pemerintah.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved