Berita Pangkalpinang

UMP 2020 Naik 8,51 Persen, Begini Tanggapan Darusman Mengenai Komitmen Perusahaan

Kenaikan UMP 2020 harus sudah ditetapkan dan diumumkan selambat-lambatnya pada 21 November 2019.

UMP 2020 Naik 8,51 Persen, Begini Tanggapan Darusman Mengenai Komitmen Perusahaan
Dokumentasi Bangka Pos
Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Babel, Darusman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berdasarkan surat Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia bertanggal 15 Oktober 2019 yang ditujukan kepada Gubernur se-Indonesia, kenaikan UMP ditetapkan sebesar 8,51 persen.

Kenaikan itu dihitung dengan rumusan yang mengacu pada angka inflasi nasional sebesar 3,39 persen dan pertimbuhan ekonomi nasional 5,12 persen. Kenaikan UMP 2020 harus sudah ditetapkan dan diumumkan selambat-lambatnya pada 21 November 2019.

Dimintai tanggapannya mengenai ini, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kepulauan Bangka Belitung Darusman berharap angka kenaikan tersebut tak akan berbeda jauh dengan angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Babel.

Saat ini ia tengah terlibat dalam tim survei KHL yang hasilnya akan dibawa ke Dewan Pengupahan.

"Mudah-mudahan angka itu klop dan ideal dengan KHL yang tengah kami survei saat ini," kata Darusman, Kamis (17/10/2019).

Dia menekankan jika perusahaan menolak mengikuti kenaikan UMP ini, maka ada sejumlah syarat yang diatur undang-undang. Pertama, harus jelas alasannya apa dan jika dinyatakan karena tidak sanggup maka ini perlu didukung dengan hasil audit.

Kedua, perusahaan bisa menunda tetapi dengan kesepakatan mayoritas pekerjanya.

"Dan ini bukan berarti boleh tidak melaksanakan, hanya ditangguhkan saja, misal enam bulan ke depan. Bukan tidak membayar karena sudah diaudit. Tidak begitu. Boleh ditangguhkan, itupun syaratnya harus dipenuhi. Kalau tidak, ya pasti berhadapan dengan serikat pekerja," ucapnya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved