Bisnis Online Pengaruh Besar Untuk Industri Lokal dan UMKM

Meski Upah Minimum Provinsi (UMP) Bangka belitung bakal naik menjadi Rp 3,2 juta, ternyata biaya hidup di Bangka juga mahal

Bisnis Online Pengaruh Besar Untuk Industri Lokal dan UMKM
SHUTTERSTOCK
ilustrasi Bisnis Online 

Bisnis Online Pengaruh Besar Untuk Industri Lokal dan UMKM

BANGKAPOS.COM - Meski Upah Minimum Provinsi (UMP) Bangka belitung bakal naik menjadi Rp 3,2 juta, ternyata biaya hidup di Bangka juga mahal. Untuk itu diperlukan penghasilan dari sesuatu hal yang berpengaruh menambah penghasilan, seperti bisnis online.

Kasi ekonomi kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka belitung, Rita Merlin, mengatakan, bisnis online sebagai satu dari bagian pelaku ekonomi kreatif tentu memiliki pengaruh. Terlebih pada era teknologi dan perkembangan masyarakat yang memiliki perilaku konsumsi tinggi.

"Bisnis online ini merupakan sektor perekonomian baru di Indonesia tapi sangat besar berpengaruh, apalagi kita di era globalisasi di mana masyarakat tidak berpikir secara tradisional lagi," kata Rita, Jumat (18/10/2019).

Dia mengatakan, pesatnya perkembangan bisnis online juga didasari karena keunikan produk, strategi pemasaran dan inovasi karena bisnis ini harus dikemas secara menarik agar mendapatkan perhatian konsumen dan bisa terjamin kelangsungannya.

Apalagi, menurutnya perkembangan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis tersebut memberikan peluang besar bagi pelaku ekonomi kreatif.

Sementara untuk pegawai atau karyawan, sejauh ini belum terlalu berkiprah dibidang ekonomi kreatif. Karena ada pembagian waktu antara tugas dan kewajiban di kantor yang harus dipenuhi.

Selain itu juga, menurutnya para pelaku ekonomi kreatif biasanya dari kalangan yang bukan pegawai kantoran karena mempunyai waktu luang untuk fokus pada urusan tersebut.

Disisi lain, menurut dia, peran pemerintah dalam mendukung pebisnis pemula ini dengan memberikan ruang dan menpermudah regulasi perizinan seperti pada industri lokal dan UMKM.

"Adanya ruang tersebut merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah," tuturnya.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved