Ketua GPMB Kukuhkan Duta Baca 2019

Sebanyak 31 Duta Baca Bangka Barat terpilih dikukuhkan oleh Evi Astura Markus selaku Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GMPB)

Ketua GPMB Kukuhkan Duta Baca 2019
Ist
Foto bersama dengan pemenang Duta Baca 2019 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 31 Duta Baca Bangka Barat terpilih dikukuhkan oleh Evi Astura Markus selaku Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GMPB) Kabupaten Bangka Barat, Muntok,Kamis (17/10).

Tahun 2019 ini adalah tahun keempat diadakannya pemilihan Duta Baca yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Kepada Duta Baca terpilih, Evi berpesan hendaknya menjadi contoh yang baik, teladan yang tidak menggurui serta menularkan minat baca terhadap sesama.

Ketua GPMB Evi Astura Markus berfoto bersama Finalis Duta Baca 2019
Ketua GPMB Evi Astura Markus berfoto bersama Finalis Duta Baca 2019 (Ist)

"Peran Duta Baca sangat dibutuhkan dalam lingkungan sekolah untuk menularkan minat baca kepada teman-teman, menumbuhkan motivasi akan budaya literasi," ujarnya.

Untuk mendukung tumbuhnya minat baca serta budaya literasi tersebut Evi menegaskan bahwa diperlukan Perpustakaan sebagai Base Camp tempat bersama yang nyaman menggali potensi serta meningkatkan kapasitas intelektual diri.

"Selain itu perpustakaan merupakan ujung tombak keberhasilan upaya pencerdasan dan pembangunan manusia dibidang pendidikan masyarakat. Keberhasilan itu dapat dilihat dari tingkat minat baca masyarakat, akan tetapi sebagai mana kita ketahui tingkat baca saat ini masih kurang menggembirakan sehingga dibutuhkan perhatian dan upaya yang serius," tambahnya.

Pemilihan Duta Baca ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk menghadirkan sosok contoh, panutan, tokoh dari kalangan pelajar sendiri, rekan sebaya mereka yang tentunya memiliki minat baca yang baik, mampu menularkan minat baca kepada teman-teman, serta diterima dalam lingkungannya.

"Kepada para Guru agar selalu mendukung dan memfasilitasi aktivitas Duta Baca dampingi dan lakukan bimbingan, karena keberhasilan mereka akan berdampak positif dalam meningkatkan kualitas anak didik terutama dalam proses pembelajaran," pungkasnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved