Advertorial

Lulusan UBB Dibekali Kemampuan Sambut Era Revolusi Industri 4.0

UNIVERSITAS Bangka Belitung mewisuda 479 sarjana Program Sarjana Strata 1 ke XIX Tahun 2019

Lulusan UBB Dibekali Kemampuan Sambut Era Revolusi Industri 4.0
ist/Lulusan UBB Dibekali Kemampuan Sambut Era Revolusi Industri 4.0
UNIVERSITAS Bangka Belitung mewisuda 479 sarjana Program Sarjana Strata 1 ke XIX Tahun 2019 yang berlangsung di Ballroom Convention Novotel Bangka, Kamis (17/10). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Universitas Bangka Belitung mewisuda 479 sarjana Program Sarjana Strata 1 ke XIX Tahun 2019 yang berlangsung di Ballroom Convention Novotel Bangka, Kamis (17/10). Wisuda Rapat Senat Terbuka acara tunggal Wisuda Sarjana S1 dibuka Ketua Senat UBB, Eva Prasetyono yang dihadiri Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi serta Wakil Rektor dan Dekan Fakultas UBB.

Dalam periode bulan Oktober 2019, sebanyak 479 mahasiswa UBB dari 13 Program Studi (Prodi).
Rektor UBB Dr Muh Yusuf mengatakan, Wisuda XIX Tahun 2019 merupakan jumlah peserta wisuda rekor yang tertinggi.

“Wisuda tahun-tahun sebelumnya hanya 450-an dan ini merupakan jumlah tertinggi,” ungkapnya.

Menurut Muh Yusuf, jumlah lulusan yang diwisuda yang banyak ini memberi target sebagai universitas yang bekerja keras dan mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya.

Bahkan katanya, pada Wisuda XIX, terdapat lulusan mahasiswa mencapai indeks prestasi komulatif (IPK) yang tertinggi hampir sempurna yaitu IPK 3,97 yang diraih Putri Desriani Melda Ayusandra (Sosiologi) dengan pujian.

“Dengan hasil IPK nyaris sempurna 4,0 dapat sebagai penyemangat kepada mahasiswa dan ini sebagai contoh yang sangat baik bagi mahasiswa,” ujar Muh Yusuf.
Lanjutnya, memasuki Era Revolusi Industri 4.0 dalam era digital, UBB menyiapkan lulusan dan membekali dirinya dengan kompetensi bidang keahlian yang menyesuaikan dengan Era Revolusi Industri 4.0. Dalam Era Re­volusi Industri 4.0 berdampak besar terhadap karakteristik lapangan pekerjaan.

“Dulunya pekerjaan dikerjakan secara manual, sekarang ini sudah mulai berkurang dan tergeser secara digital,” jelas Muh Yusuf.

Diharapkan UBB bisa menyiapkan lulusan ke depan yang mengikuti dengan perkembangan yang ada di Era Revolusi Industri 4.0.

“Mahasiswa dibekali de­ngan soft skill bidang kompetensi keahlian dan harus sudah melek tekhnologi sehingga bisa masuk ke sektor lapangan pekerjaan yang sesuai tuntutan zaman Re­volusi Industri 4.0. Dimana pada zaman serba otomatis, yang sangat dibutuhkan programer, analisis codding dan game online,” terangnya.

Ia juga mengajak para alumni terus berkreasi dan melakukan inovasi dan terobosan-terobosan yang baru dengan bekal akademik yang telah diperoleh selama di bangku kuliah.
“Teruslah berkarya, asah ketrampilan dan terapkan kompetensi dan keahlian bidang ilmu yang telah diperoleh,” ujarnya.

Semuanya memiliki potensi untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Dengan kemajuan teknologi, sumber ilmu pengetahuan sangat terbuka bebas, semua dapat mengaksesnya.
“UBB harus kreatif dan inovatif agar bisa bersaing dan menjadi pemain di te­ngah persaingan yang ketat di dunia perguruan tinggi,” katanya.

Sementara itu mewakili wisudawan-wisudawati, Dilla Augustine Kolina mengemukakan gelar yang telah diperoleh bukanlah semata-mata penghias nama belaka melainkan tersemat tanggung jawab yang besar.

“Mungkin tidak sedikit dari kita yang berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya maupun mencari pekerjaan. Atau masih ada segelintir dari kita yang merasa pesimis dengan warna almamater kampus tercinta ini sehingga merasa sulit bersaing nantinya,” jelasnya.

“Kita perlu membekali diri kita dengan keahlian tambahan, softskill, interpersonal skill dan relasi seluas mungkin. Semoga nanti kita akan berdiri bersama di deretan terdepan pemimpin-pemimpin hebat bangsa ini. Tentunya sebagai pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,” ucap Dilla dari Fakultas Ekonomi yang menerima beasiswa bidikmisi.

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi didampingi Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Nizwan Zukhri memindahkan kuncir para wisuda yang meraih predikat terbaik. Selain itu diberikan juga penghargaan kepada wisudawan terbaik dari masing-masing program studi. (adv/rya/may)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved