Berita Pangkalpinang

Tips Bertahan dengan Kondisi Biaya Hidup Mahal di Babel

Biaya hidup di Bangka Belitung tergolong mahal. Apalagi dengan gaji UMP (Upah Minimum Provinsi) Bangka Belitung sebesar Rp 2.976.705,97

Tips Bertahan dengan Kondisi Biaya Hidup Mahal di Babel
Ist/Reniati
Dr Reniati Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Biaya hidup di Bangka Belitung tergolong mahal. Apalagi dengan gaji UMP (Upah Minimum Provinsi) Bangka Belitung sebesar Rp 2.976.705,97, banyak karyawan beranggapan belum dapat mencukupi kebutuhannya.

Dr Reniati Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung memberikan tips agar dapat bertahan dengan kondisi biaya hidup mahal di Babel dengan gaji hanya UMP.

1. Beli barang utamakan fungsi produk bukan merk.
Berbelanja barang-barang yang pokok dan penting serta yang meningkatkan produktivitas. Bukan barang konsumtif, yg hanya untuk pencitraan utamakan fungsi produk dibandingkan dengan merk.

2. Perhemat biaya makan
Tergantung status kita, kalau sendiri lebih fleksibel. Kalau sudah berkeluarga maka harus ada kerjasama dengan seluruh anggota keluarga. Terkait memilih lauk-pauk mencari bahan baku yang murah tanpa mengurangi gizinya.

3. Tempat tinggal
Karyawan perlu perhitungkan lebih baik tinggal di kos atau beli rumah subsidi. Hak ini sesuai dengan pemikiran masing-masing individu.

4. Perhemat transportasi
Bagi yang tidak mempunyai kendaraan maka transportasi mungkin bisa sharing lebih hemat. Kenapa ada gojek dan grab? Karena mereka melakukan sharing economy.

5. Menabung
Cara menabung pada kondisi biaya hidup mahal dengan setiap dapat gaji langsung dipotong 5 - 10 persen untuk tabungan.

6. Utamakan kreatif bukan gaya hidup
Kita juga harus kreatif dan inovatif, jangan karena harga diri atau gaya hidup kita malah penampilan bagus tapi banyak hutang.

7. Berwirausaha, atau kerja sambilan
Intinya kalau sebagai karyawan bisa dengan menambah pendapatan di luar gaji. Carinya di waktu bukan jam bekerja bisa mencari tambahan penghasilan dengan berwirausaha. Tetapi strategi ini jangan sampai mengabaikan tugasnya sebagai karyawan.

Nah itulah tips agar dapat bertahan di kondisi biasa hidup yang mahal dengan gaji UMP sekarang. Semoga bermanfaat. (Bangkapos.com/Cr2)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved