Berita Pangkalpinang

Masyarakat Kelurahan Bukit Sari Gotong Royong Kelola Sampah Jadi Kompos

Warga Kelurahan Bukit Sari Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang ini ternyata bergotong royong bersama rekan-rekannya mengolah sampah organik

Masyarakat Kelurahan Bukit Sari Gotong Royong Kelola Sampah Jadi Kompos
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Warga mencacah sampah organik dalam pengolahan kompos.Sabtu, (19/10/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Aida nampak sibuk mencacah-cacah sampah berupa sayur-sayuran menggunakan parang.

Tangannya dibungkus plastik mengambil sayur-sayuran berupa kulit nangka, kangkung, terong, timun, dan jagung untuk dicacah sampai kecil-kecil.

Warga Kelurahan Bukit Sari Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang ini ternyata bergotong royong bersama rekan-rekannya mengolah sampah organik jadi kompos dibantu oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Pangkalpinang.

"Kita ini bikin bank sampah kemudian kita kelola sampah buat kompos. Sampah diperoleh dari masyarakat sini dan ini juga ditambah dari pasar juga. Hari ini pertama kita praktek kemarin kita udah dapat pelatihan dari DLH, dan sosialiasi," ungkap Ketua Bank Sampah Sukun Makmur Kelurahan Bukit Sari, Wawan saat ditemui bangkapos.com. Sabtu, (19/10/2019).

Wawan sangat menyayangkan kondisi sampah di kota Pangkalpinang yang cukup ekstrim sehingga dengan membentuk bank sampah tersebut berharap bisa mengurangi sampah.

"Kita jangan lihat nilai ekonomis, tapi kesadaran dulu masyarakat dulu. Walau tidak dijual bisa kita gunakan sendiri untuk tanaman dirumah, kasih saudara," ungkap Wawan.

Wawan menjelaskan cara pembuatan kompos dengan menyediakan bahan tanah hitam, sekam, sampah yang dicacah tersebut, dan diberikan cairan F4 untuk penguraian sampah. Kurang lebih tiga minggu bahan tersebut akan menjadi kompos padat.

Wawan juga mengatakan untuk sampah anorganik seperti plastik, dan botol-botol bekas dikumpulkan untuk dijual ke DLH, dan membuat hasta karya barang bekas yang nanti akan dikelola ibu-ibu kelurahan setempat.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved