Berita Sungailiat

Berikan Bantuan Kapal Hingga Alat Tangkap, Bupati Ingatkan Nelayan Penerima Jangan Dipindahtangankan

Dinas Perikanan Kabupaten Bangka telah memberikan bantuan kapal fiberglas yang ukuran 3 GT

Berikan Bantuan Kapal Hingga Alat Tangkap, Bupati Ingatkan Nelayan Penerima Jangan Dipindahtangankan
Bangkapos.com/Riki Pratama
Dinas Perikanan Kabupaten Bangka memberikan bantuan ke para nelayan dan pembudidaya ikan di Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Dinas Perikanan  Kabupaten Bangka telah memberikan bantuan kapal fiberglas yang ukuran 3 GT lengkap dengan peralatan lainya untuk enam kelompok usaha bersama nelayan di Kabupaten Bangka.

Selain memberikan bantuan paket kapal Fiberglas kurang dari 3 GT yang lengkap dengan peralatan labuh, tambat, perlengkapan keselamatan, dan perlengkapan navigasi sebanyak enam paket, diberikan pula mesin 18 PK sebanyak enam paket, gillnet, fish finder dan cool box enam paket, serta konsultan pengawas satu paket.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ahmad Sapran menjelaskan, bantuan diberikan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan kepada para nelayan dan pembudidaya ikan di Pemerintahan Kabupaten Bangka agar lebih sejahtera kedepanya.

"Ini sebagai implemantasi serta prasarana dalam upaya meningkatkan pendapatan ikan dan kesejahteraan nelayan yang bermuara pada peningkatkan kontribusi sektor kelautan produk domestik regional bruto di Kabupaten Bangka," jelas Sapran kepada bangkapos.com, Minggu (20/10/2019).

Selain itu, Sapran menjelaskan bantuan lain yang diberikan berupa pengadaan alat penangkap ikan, jaring ciu 200 piece, jaring udang 200 piece dan jaring kepiting 450 piece. Termasuk Pengadaan Sarana dan Pembudidayaan kolam terpal 20 unit, benih lele 40.000 ekor, pakan ikan 4.000 kg , obat dan vitamin dua paket,  peralatan panen dua paket.

"Kita juga berikan penerima asuransi nelayan mandiri 702 kartu dan peserta bantuan premi asuransi nelayan (BPAN) 866 kartu dengan total 1.568 kartu,"ungkapnya.

Sementara, terkait pemberian bantuan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan, mengingatkan, jangan sampai penerima bantuan tidak memanfaatkan bantuan yang telah diberikan tersebut.

"Kami titipkan tentunya penerima manfaat dari kelompok usaha bersama, karena manfaatkan ini dengan sebaik baiknya. Inilah salah satu bentuk bahwa pemerintah sampai hari ini sangat peduli sekali kepada nelayan kita, kepada pembudidaya ikan, karena tujuanya untuk peningkatan dari pada pendapatan yang berprofesi sebagai nelayan, ini bentuk nyata bantuan pemerintah," jelas Mulkan.

Ia juga mengingatkan, setelah mendapatkan bantuan diharapkan bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya jangan rebutan antar sesama anggota kelompok.

"Kami juga berharap penerima manfaat, catatan, bagi kami, jangan coba-coba memindah tangan ke pihak yang lain kami lakukan pengawasan. Banyak bantuan pemerintah dilakukan oleh pemeintah, jangan sampai pemindahan tangan nanti ada sanksinya, karena tujuan memberikan bantuan untuk masyarakat agar bisa meningkatkan pendapatan," tegas Mulkan.

Ia menjelaskan, setiap tahunnya, banyak nelayan ingin mengusulkan mendapatkan bantuan namun tidak semua kelompok usaha bisa mendapatkan itu, jadi yang mendapat harus banyak bersyukur karena bantuan diberikan berharga puluhan juta rupiah.

"Setiap tahun kita lakukan pengadaan ini, tetapi kami sangat yakin dan percaya kepada semua penerima bahwa niat pertama untuk meningkatkan pendapatan. Kita, tidak ada memindah tangan kepada orang lain bahwa nelayan di Bangka tidak ada seperti itu," kata Mulkan.

Tidak hanya bantuan, kata Mulkan nelayan juga mendapatkan kartu asuransi nelayan diharapkan bisa melindungi nelayan dalam jaminan mereka bekerja sehari-hari mencari ikan di laut.

"Inilah merupakan kepedulian kami terhadap masyarakat kita bahwa pemerintah itu tetap akan membantu, termasuk jaminan asuransi ini. Kita berharap nelayan kita adanya suatu jaminan, terutama untuk kelangsungan kehidupan mereka," harap Mulkan. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved