Berita Pangkalpinang

IIKT Turun Langsung Membantu Permasalahan Stunting di Bangka Belitung

Sejak tahun 2018 lalu, IIKT yang merupakan organisasi wanita telah melaksanakan penanganan stunting dengan menelusuri anak-anak yang stunting

IIKT Turun Langsung Membantu Permasalahan Stunting di Bangka Belitung
Ferdi Aditiawan
Ikatan Istri Pejabat (IIP) BUMN dan Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) turun langsung mendatangi salah satu rumah warga yang anaknya mengalami Stunting 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) turun langsung membantu mengatasi permasalahan stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan penanganan bagi 58 orang anak-anak penderita stunting yang tersebar di wilayah operasi PT Timah Tbk, Minggu (20/10/2019)

Dalam kesempatan ini turut hadir Ketua ikatan istri pejabat (IIP) BUMN, Eri Imam Aprianto sekaligus istri sekretarias menteri BUMN beserta rombongan dan didampingi para anggota ikatan istri karyawan timah (IIKT) Bangka Belitung.

Sejak tahun 2018 lalu, IIKT yang merupakan organisasi wanita telah melaksanakan penanganan stunting dengan menelusuri anak-anak yang menderita stunting di Sungailiat, Pangkalpinang, Belinyu, Muntok, Toboali, Belitung dan Kundur.

Penanganan stunting juga melibatkan dokter spesialis anak dan dokter umum di masing-masing puskemas untuk memberikan pendampingan.

"Penanganan stunting yang dilakukan IIKT wilayah dengan kunjungan rumah, wawancara untuk menggali informasi awal untuk mengetahui penyebab stunting pada anak, posyandu dan observasi yang dilakukan oleh dokter," kata Ketua Umum IIKT Elise.

Dari hasil observasi yang dilakukan oleh dokter, anak-anak dengan stunting ditangani sesuai dengan diagnosa dokter. Beberapa penanganan yang dilakukan yakni, pemberian makanan tambahan, multivitamin, serta edukasi tentang gizi pada anak dan pola hidup sehat.

"Pendampingan ini dilakukan selama tiga bulan sejak Februari 2019, dengan tata laksana penanganan yang diberikan hasil evaluasi kami sebagian besar anak-anak mengalami berat badan dan tinggi badan," tambahnya.

Elise menambahkan, IIKT mendukung program pencegahan stunting yang dilakukan secara nasional dengan memberikan penanganan berkala bagi anak-anak stunting di wilayah operasi PT Timah Tbk.

"IIKT sebagai organisasi wanita peduli terhadap masa depan anak Indonesia, untuk IIKT melaksanakan program ini yang juga dilakukan secara nasional," katanya.

Sementara itu ketua ikatan istri pejabat (IIP) BUMN Eri Imam Aprianto mengatakan, semoga dengan diadakan kegiatan untuk mengatasi permasalahan stunting yang dilakukan oleh IIKT ada manfaatnya

Halaman
12
Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved