Gebyar Bangka Barat Membaca Menciptakan Generasi Literat

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat mengadakan Gebyar Bangka Barat Membaca 2019 Pameran Literasi dan Lomba Minat Baca

Gebyar Bangka Barat Membaca Menciptakan Generasi Literat
ist/Gebyar Bangka Barat Membaca Menciptakan Generasi Literat
DINAS Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat mengadakan Gebyar Bangka Barat Membaca 2019 Pameran Literasi dan Lomba Minat Baca 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat mengadakan Gebyar Bangka Barat Membaca 2019 Pameran Literasi dan Lomba Minat Baca. Acara yang berlangsung dari tanggal 15 s.d 19 Oktober 2019 bertempat di Lapangan Gelora Muntok, dengan tema ‘Inovatif dan Kreatif melalui Literasi untuk menciptakan Generasi Literat menuju Bangka Barat Hebat Tahun 2021’.

Pada puncak acara, Sabtu (19/10) menampilkan narasumber Kak Awan Pendongeng Nasional dan Ferry Curtis Musisi Literasi Nasional. Di hari sebelumnya sebanyak 31 Duta Baca Bangka Barat terpilih telah dikukuhkan oleh Evi Astura selaku Ketua Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GMPB) Kabupaten Bangka Barat Tahun 2019 ini adalah tahun keempat diadakannya pemilihan Duta Baca.

Kepada Duta Baca terpilih Evi berpesan hendaknya menjadi contoh yang baik bagi teman, teladan yang tidak menggurui.
Serta menularkan minat baca terhadap sesama karena itu peran Duta Baca sangat dibutuhkan dalam lingku­ngan sekolah untuk menularkan minat baca kepada teman-teman, menumbuhkan motivasi akan budaya literasi.

Untuk mendukung tumbuhnya minat baca serta budaya literasi tersebut Evi menegaskan bahwa diperlukan Perpustakaan sebagai Base Camp tempat bersama yang nyaman menggali potensi serta meningkatkan kapasitas intelektual diri, perpustakaan merupakan ujung tombak keberhasilan upaya pencerdasan dan pembangunan manusia dibidang pendidikan masyarakat yang mana minat baca masih kurang sehingga butuh perhatian dan upaya yang serius dari pemerintah.

"Semoga Duta Baca terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati yakinlah bahwa tugas kalian adalah tugas yang mulia dan sebagai sumbangsih untuk negara dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” paparnya.

Rangkaian lomba diantaranya Lomba Baca Cepat, Menulis Karya Tulis Tematik, Menulis Cerita Daerah, Story Telling Tingkat SMA/MA/SMK, Stand Up Comedy, Duta Baca dan Film Pendek Perpustakaan. Ada juga pemberian Penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka untuk Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat, Instansi Pemerintah dan Penggiat Literasi Masyarakat.

Malam pembagian hadiah, Kamis (17/10) menampilkan bintang tamu standup comedy diantaranya Cemen, Wanda Wando, Munir Aliando dan Standup dari Bangka Barat.

Penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka untuk ka­tegori Instansi Pemerintah diberikan kepada Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Pejabat Publik diterima Kasat Lantas Bangka Barat, Pustaka Berge­rak diberikan kepada Satpolair Polres Bangka Barat, Kepala Desa diterima oleh Kepala Desa Air Belo, Tokoh Masyarakat diberikan kepada Choirul Amri Rani, Kepala Sekolah diterima oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Jebus dan kategori Penggiat Literasi diberikan kepada Rita Urbaningrum.

Ferry Curtis mengatakan Bangsa yang maju adalah bangsa yang ba­nyak membaca dan menghagai budayanya untuk jadi terkenal itu mudah namun saya ingin dikenal dari literasi melalui musik yang bermanfaat bagi orang banyak, jika berhenti membaca berarti kemunduran bagi dunia jika berhenti menulis berarti ilmu pengetahuan juga berhenti karena guru yang hebat adalah guru yang membaca dan pemimpin yang besar adalah pemimpin yang membaca maka bangsa yang besar adalah bangsa yang pembaca.

Kami berharap masyarakat Bangka Barat yang melihat kami dapat menjadikan motivasi agar ini dapat terus berkelanjutan di Bangka Barat khususnya mari bersama-sama kita membangun dunia literasi,” kata Kak Awan.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved