Berita Pangkalpinang

Hampir Satu Abad Rahasia Bugar Nenek Albiah Dibongkar Gubernur Babel, Ini Dia Tipsnya Tetap Sehat

Dua tahun lagi usianya mencapai satu abad. Nenek Albiah, 98 tahun, masih tampak bugar.

Hampir Satu Abad Rahasia Bugar Nenek Albiah Dibongkar Gubernur Babel, Ini Dia Tipsnya Tetap Sehat
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Nenek Albiah saat dituntun Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman di panggung acara Bakti Sosial TKSK di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Selasa (22/10/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Dua tahun lagi usianya mencapai satu abad. Nenek Albiah, 98 tahun, masih tampak bugar.

Meski sudah bungkuk, warga Girimaya itu masih sanggup berjalan tanpa tongkat. Nenek Albiah adalah satu dari 200 lansia yang hadir pada acara Bakti Sosial Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Gedung Mahligai, Kantor Gubernur, Selasa (22/10/2019).

Karena yang paling tua, Albiah diperlakukan spesial dibandingkan para lansia lainnya yang hadir.

Pada acara itu, Nek Albiah sempat berseloroh saat berbincang dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, bahwa ini pertama kalinya ia diundang ke rumah dinas gubernur.

Dituntun Erzaldi, dia dipersilakan duduk di kursi panggung acara. Dari bincang-bincang dengan Erzaldi itulah, rahasia Nek Albiah tetap bugar terkuak.

Satu resepnya, terus bergerak. "Nek Albiah ini masih menyapu halaman kalau pagi hari, masih mencuci piring. Jadi kuncinya, harus tetap bergerak," ungkap Erzaldi kepada para lansia.

Dia juga mengingatkan agar para lansia menjaga pola makan mereka. "Yang perlu dijaga juga, kalau ngopi jangan pakai gule. Dak kawa kelak e," katanya.

Acara TKSK Babel bertajuk Satu Hari Berbagi Kasih dengan lansia memperingati Satu Dasawarsa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Para lansia yang hadir diberikan santunan berupa, bahan pokok, peralatan ibadah, dan uang tunai dari berbagai sponsor acara.

Acara diisi dengan bincang-bincang senda gurau antara Erzaldi dan para lansia.
Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, akan meminta Dinas Sosial Kepulauan Bangka Belitung men-supprot TKSK di Babel guna memperhatikan lansia.

"TKSK ini adalah volunter-volunter yang memperhatikan keberadaan lansia kita yang membantu pemerintah. Kemampuan pemerintah terbatas. Setiap tahun mereka mengagendakan santunan kepada para lansia dari berbagai (bantuan) perusahaan. Kegiatan ini saya minta agar dipertahankan, dinas sosial akan saya minta support para TKSK ini," kata Erzaldi. (Bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved