50 Anak SD Ikuti Lomba Menulis Puisi Unjuk Kreativitas

DINAS Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Lomba Menulis Puisi untuk anak SD/MI Tingkat Provinsi Kep. Babel

50 Anak SD Ikuti Lomba Menulis Puisi Unjuk Kreativitas - pemenang-lomba-menulis-puisi.jpg
Bangkapos/Cici Nasya Nita
Pemenang Lomba Menulis Puisi foto bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Juri usai menerima penghargaan, Selasa (22/10).
50 Anak SD Ikuti Lomba Menulis Puisi Unjuk Kreativitas - bpk-asyraf-suryadin.jpg
ist/Asyraf Suryadin
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Babel

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Lomba Menulis Puisi untuk anak SD/MI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Sun Hotel Pangkalpinang, Selasa (22/10).
Lomba ini diikuti sebanyak 50 peserta siswa SD/MI di seluruh Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Babel, Asyraf Suryadin memberikan sambutan mengucapkan terimakasih kepada anak-anak, guru pembimbing, panitia sudah hadir dalam kesempatan hari ini.

“Semua yang datang mau jadi juara akan tetapi semua mau jadi juara. Berkas yang mereka buat serahkan kepada panitia. Kita seleksi nanti akan jadikan buku hasil lomba. Silakan ini puisi bebas, berkreasi karena tidak ada aturan-aturan,” ungkap Asyraf. Selasa, (22/10).

Dia berharap anak-anak dapat mengembangkan kreativitas, jangan sampai membawa puisi dari rumah, atau menghafal puisi.
“Pengembangan minat baca diawali dorongan dari banyak aktivitas dengan lomba puisi yang dimulai dari anak-anak SD agar kemampuan membaca meningkat. Kemampuan mmbaca terlihat dari kreativitas menulis puisi,” kata Asyraf.

Dia mengatakan lomba ini dapat meningkatkan kemampuan menerjemahkan lingkungan lewat tulisan.

“Saya berharap para guru memberikan teladan pada murid. Guru harus pandai, memiliki contoh sehingga nanti kedepan modal bagi anak-anak. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan akan melaksanakan kegiatan ini terus setiap tahun dan akan dibedakan nanti. Bisa jadi ada untuk tingkatan yang lebih tinggi dan tidak menutup kemungkinan untuk lomba lain juga. Hasil peserta lomba akan kita seleksi terbaik akan diterbitkan,” ungkapnya.

Agus Afandi ,ST.MT selaku pptk kegiatan lomba menulis puisi SD/MI Sebabel mengatakan bahwa puisi mengungkapkan isi hati lewat tulisan menyampaikan makna dari penulis kepada pendengar.

“Hasil dari proses ini disebut karangan, atau tulisan. Lomba ini bertujuan menumbuhkembangkan bakat anak sejak dini. Melatih anak mengungkapkan ide dalam tulisan serta menumbuhkembangkan kreativitas anak,” ungkap Agus Afandi.

Seluruh peserta lomba ini mendapatkan piagam, sedangkan khusus pemenang juara 1 sampai harapan II akan memperoleh uang tunai dan trofi. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved