Seminar Nasional Menjadi Sarjana Komputer di Era Industri 4.0

HIMTI, HIMASI, HIMMI STMIK Atma Luhur menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mendatangkan bintang tamu Prof. H. Saparudin, MT, P.hD

Seminar Nasional Menjadi Sarjana Komputer di Era Industri 4.0
ist/Seminar Nasional Menjadi Sarjana Komputer di Era Industri 4.0
HIMTI, HIMASI, HIMMI STMIK Atma Luhur menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mendatangkan bintang tamu Prof. H. Saparudin, MT, P.hD bertempat di Gedung Graha Sasana Kasih STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Selasa (22/10). 

HIMTI, HIMASI, HIMMI STMIK Atma Luhur menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mendatangkan bintang tamu Prof. H. Saparudin, MT, P.hD bertempat di Gedung Graha Sasana Kasih STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Selasa (22/10).
Seminar ini mengambil tema ‘Menjadi Sarjana Komputer di Era Revolusi Industri 4.0’.
Hadir pula para pembicara dari berbagai kalangan, antara lain Bayu Septian, Momon Hendrata (Starup boleh.id) dan Mardi Awan (Smartfren).

Dunia memang tengah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Era dimana terjadinya disruptif teknologi. Melalui disrupsi tersebut, hadirlah berbagai teknologi canggih yang memiliki peran besar dalam kehidupan manusia pada masa mendatang, seperti internet seluler berkecepatan tinggi, kecerdasan buatan, maha data dan teknologi cloud.

World Economic Forum (WEF) pada 2018 bahkan menyebutkan banyak perusahaan yang akan melakukan investasi besar-besaran untuk mengembangkan teknologi tersebut pada periode 2018 hingga 2022.

Akibatnya, WEF memprediksi akan ada sekitar 75 juta peran pekerjaan saat ini yang tergantikan dengan mesin dan algoritma. Sementara itu, 133 juta peran pekerjaan baru diprediksi akan hadir pada periode tersebut.

Melalui laman resminya, WEF menyebutkan pekerjaan, seperti Analis Data, Pengembang Perangkat Lunak, Pengembang Aplikasi, e-Commerce dan Media Sosial Spesialis akan tumbuh subur. Ini artinya, pekerjaan yang secara langsung bersentuhan dengan penggunaan teknologi dan data akan mengalami peningkatan secara signifikan.

Beberapa faktor di atas tentu dapat menjadi pertimbangan banyak orang saat ini untuk menentukan pilihan karir di masa depan, satu diantaranya dengan memilih program studi/jurusan yang tepat saat memasuki jenjang perguruan tinggi.

Sementara itu, perguruan tinggi selaku lembaga pendidikan juga memiliki peran besar dalam menciptakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dalam hal ini, lembaga pendidikan wajib memfasilitasi mahasiswa dan memberikan pendidikan berkualitas untuk bisa berkompetisi secara global.

Sistem pembelajaran yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan adalah beberapa contoh fasilitas yang bisa ditawarkan oleh perguruan tinggi. Terkait dengan fasilitas tersebut, satu diantara perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, STMIK Atma Luhur memiliki program tersendiri yang didesain untuk menyiapkan lulusannya siap berkompetisi setelah lulus.
Sebagai informasi, STMIK Atma Luhur kata Kabag Humas & Promosi STMIK Atma Luhur, Kiswanto, S.T, M.Kom memiliki Program S1 (Sistem Informasi, Teknik Informatika) dan DIII Manajemen Informatika. Selain itu, STMIK Atma Luhur juga akan mengbah nama menjadi Institut Sains & Bisnis serta menambah program studi baru yaitu S1 Bisnis Digital. Mudah-mudahan diakhir bulan ini segera di visitasi oleh BAN-PT.
Di STMIK Atma Luhur sendiri, program studi yang terkait teknologi (Teknik Informatika, Sistem Informasi & Manajemen Informatika) masih menjadi favorit.

“Ketiga jenis program studi tersebut bahkan menyumbang sekitar 100 persen dari total mahasiswa baru di STMIK Atma Luhur. Tak hanya itu, saat ini ada program studi baru juga yang akan dibuka, yakni Bisnis Digital,” jelas Kiswanto.
Ketiga program studi tersebut merupakan gambaran dari fenomena era revolusi industri 4.0 yang sedang gencar-gencarnya berkembang. Diharapkan, dengan berbagai program studi tersebut bisa melahirkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.Tak hanya itu, mereka juga menciptakan peluang untuk menjadi entrepreneur andal yang siap memajukan Indonesia.
Empat Pilihan Jurusan yang Menjadi Primadona di Era Revolusi Industri 4.0

1. Jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Business Intelligence
Satu diantara dari empat prinsip perusahaan dalam mengimplementasikan Industri 4.0 adalah Transparansi Informasi, dimana ini merupakan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia secara fisik dan virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor.
Sekarang semakin banyak perusahaan yang membutuhkan banyak data pada operasi bisnisnya. Misalnya seperti perusahaan e-Commerce yang membutuhkan data pelanggan untuk mengetahui pola tingkah laku kebiasaan belanja.
Perusahaan yang mengumpulkan banyak data membutuhkan profesi data scientist untuk mengolah data tersebut, dan mereka harus tahu bagaimana menganalisis secara mendalam serta punya kemampuan berpikir kritis. Jika ingin menjadi data scientist, kemampuan tersebut akan didapat saat kuliah dengan memilih peminatan Business Intelligence pada jurusan Sistem Informasi.

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved