Heboh Video Pegawai SPBU Cek Keaslian Uang dengan Menyiram Bensin, Ini Kata Bank Indonesia

Sebuah video beredar luas di media sosial yang memperlihatkan seorang petugas SPBU menyiram uang kertas pecahan Rp 50.000 menggunakan bensin

Facebook
Seorang petugas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Kediri, membuktikan peredaran uang palsu dengan menyiramkan bensin. 

BANGKAPOS.COM - Sebelum lebaran, masyarakat diminta untuk waspada beredarnya uang palsu.

Sebenarnya pihak Bank Indonesia sendiri telah membagikan tips pada warga Indonesia untuk mengenali keaslian uang.

Namun sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan cara seorang petugas SPBU untuk memastikan keaslian uang dengan cara yang tidak biasa.

Sebuah video beredar luas di media sosial yang memperlihatkan seorang petugas SPBU menyiram uang kertas pecahan Rp 50.000 menggunakan bensin.

Aksi ini kabarnya dilakukan sang petugas SPBU untuk membuktikan keaslian uang yang diserahkan oleh konsumen untuk membeli bensin.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ros­maya Hadi, mengatakan, pihaknya tidak pernah melakukan edukasi untuk memastikan keaslian uang rupiah dengan menggunakan bensin.

Bank sentral mengedukasi keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang (3D).

"Bagaimana cara memastikan apakah itu uang palsu dengan disiran bensin? Kita belum melakukan eksperimen," kata Ros­maya kepada awak media di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut Ros­maya, sejauh ini tingkat literasi dan pemahaman masyarakat untuk membedakan mana uang palsu dan asli sudah sangat baik.

Pasalnya, sudah banyak laporan langsung oleh masyarakat terkait temuan uang palsu.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved