Ada Indikasi Masalah, Tim Pengawas Tata Kelola Lada Bangka Belitung Panggil Eksportir Lada

Tim Pengawas, Pembinaan dan Pengendalian Tata Kelola Lada Bangka Belitung (Babel) telah dan akan memanggil sejumlah pihak terkait tata kelola Lada

Ada Indikasi Masalah, Tim Pengawas Tata Kelola Lada Bangka Belitung Panggil Eksportir Lada
bangkapos.com/dedy qurniawan
Ketua Tim Pengawas Pembinaan dan Pengendalian Tata Kelola Lada, Zaidan (tengah) 

Ada Indikasi Masalah, Tim Pengawas Tata Kelola Lada Bangka Belitung Panggil Eksportir Lada

BANGKAPOS.COM - Tim Pengawas, Pembinaan dan Pengendalian Tata Kelola Lada Bangka Belitung (Babel) telah dan akan memanggil sejumlah pihak terkait tata kelola Lada putih Babel.

Tim menduga ada masalah dalam tata keloa saat ini dan merugikan Babel selaku pemilik Indikasi Geografis (IG) lada putih sebagai produk unggulan pertanian Babel yang teregister di Kementerian Hukum dan HAM.

Hingga saat ini, mereka yang telah dipanggil adalah sepuluh eksportir Lada.

Ketua Tim Pengawas, Zaidan mengatakan berbagai pihak telah dan akan dimintai keterangan dan klarifikasi mengenai sejumlah permasalahan.

"Proses (klarifikasi) ini akan terus berlangsung," kata Zaidan kepada Bangka Pos, Jumat (25/10/2019).

Pemanggilan terhadap eksportir dirasa cukup, dan akan dilakukan kembali terhadap eksportir lainnya jika dirasa diperlukan.

Mereka dipanggil karena merupakan pengguna IG Lada putih Babel dan tergabung dalam Asosiasi Eksportir Lada Indonesia (AELI).

"Mereka dipanggil karena (eksportir) kan mereka bernaung di AELI (Aosisasi Eksportir Lada Indonesia (AELI) dan menggunakan IG Muntok White Pepper dengan persetujuan BP3L yang sekarang. Mereka bayar Rp250 per kilogram. Ini sejak 2013 sampai sekarang," kata Zaidan.

Selanjutnya akan dipanggil pula pengurus Badan Pengelola dan Pengembangan Pemasaran Lada (BP3L) Babel dan Asosiasi Eksportir Lada Indonesia (AELI), dan pihak terkait lainnya pada Senin (28/10/2019) mendatang.

Halaman
12
Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved