Berita Pangkalpinang

Sarbini Dikuhuhkan Sebagai Ketua Forsakada Bangka Belitung

Staf ahli Wali Kota Pangkalpinang, Sarbini, dikukuhkan sebagai ketua Forsakada (Forum Staf Ahli Kepala Daerah) Bangka Belitung.

Sarbini Dikuhuhkan Sebagai Ketua Forsakada Bangka Belitung
Istimewa
Pengukuhan kepengurusan Forsakada Bangka Belitung di mahligai rumah dinas Gubernur Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Staf ahli Wali Kota Pangkalpinang, Sarbini, dikukuhkan sebagai ketua Forsakada (Forum Staf Ahli Kepala Daerah) Bangka Belitung. Pengukuhan ini dilakukan oleh Ketua Forsakada se-ndonesia, Tegoeh Wynarno.

Tegoeh mengatakan, forum ini merupakan wadah berhimpunya staf ahli kepala daerah untuk bertukar informasi, diskusi terkait isu-isu strategis pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan sehingga dapat meningkatkan wawasan maupun kompetensi staf ahli sesuai tugas dan fungsinya. Selain itu juga untuk menjalin tali silaturahmi.

"Terbentuknya kepengurusan ini merupakan amanat AD/ART bahwa setiap provinsi harus dibentuk FORSAKADA dan Babel termasuk yang keenam, berarti termasuk gerak cepat dibandingkan provinsi yang lain. Jangan lupa untuk segera laksanakan rapat pengurus atau rapat kerja menjabarkan hasil-hasil Munas maupun Rakornas sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah masing-masing," ujar Tegoeh saat pengukuhan di mahligai rumah dinas Gubernur Bangka Belitung, Minggu (27/10/2019).

Mulanya, menurut Tegoeh organisasi staf ahli terpisah antara provinsi dengan nama Forum Staf Ahli Gubernur se-Indonesia (FORSAGI) dan Forum Staf Ahli Bupati/Walikota dengan nama Forum Staf Ahli Kabupaten/Kota se-Indonesia (FORSAKKI). Tapi setelah Musyawarah Nasion pertama di Padang pada Tahun lalu, disepakatilah untuk berintegrasi menjadi FORSAKADA.

Lanjutnya, pada Munas itu sekaligus disepakati adanya AD/ART (Anggaran Dasar/Anggatan Rumah Tangga), kemudian disusul dengan pengukuhan Pengurus Pusat oleh Sekjen Kemendagri sehingga menjadi FORSAKADA yang dapat dimanfaatkan untuk memperkiat peran stf ahli.

"Saat ini tugas dan fungsi staf ahli didukung dengan penganggaran tersendiri, struktur organisasi khusus, adanya tata hubungan kerja yang jelas dan kuat serta standar kompetensi tertentu," ujarnya.

Sementara, ketua Forsakada Babel yang baru dilantik, Sarbini berharap dengan wadah ini maka antar staf ahli bisa saling membantu dan memperkuat terciptanya marwah staf ahli sebagai jabatan strategis, bergengsi bukan jabatan marginal maupun terminal.

"Saya mengajak para staf ahli di Bangka Belitung melihat kedudukan dan perannya secara positif dan penuh percaya diri. Juga memohon doa dan dukungan semua pihak khususnya kepala daerah sebagai pembina, sekretaris daerah sebagai pengarah dan semua pengurus yang telah dikukuhkan," kata Sarbini.

Terutama, menurutnya agar terlaksana program selama dua tahun yang akan datang antara lain, pertemuan rutin tiga bulan, visitasi penguatan peran, penyelenggaraan kegiatan nasional dan lainnya.

Kepengurusan Forsakada yang dikukuhkan, Ketua: Sarbini (Staf Ahli Walikota Pangkalpinang)

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved