Bupati Markus Ingatkan Kades Jangan Sungkan Minta Penyuluhan Hukum dari Kejaksaan

Bupati Bangka Barat (Babar), Markus SH, meminta para kepala desa (Kades) se-Babar

Bupati Markus Ingatkan Kades Jangan Sungkan Minta Penyuluhan Hukum dari Kejaksaan
Ist
Bupati Bangka Barat Markus berfoto bersama para Kades yang tergabung dalam DPC Apdesi Bangka Barat, Senin (28/10) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Barat, Markus SHmeminta para kepala desa (Kades) se-Babar agar tak sungkan meminta penyuluhan atau pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri setempat dalam hal ini Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Hal ini disampaikan Bupati Markus dalam arahannya saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) bulanan DPC Apdesi Bangka Barat di Muntok, Senin (28/10) siang.

Politisi PDI Perjuangan ini menyebut, penyuluhan hukum bagi para Kades dan perangkatnya penting dilakukan, agar penyelenggaraan pemerintahan terutama di desa-desa yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa dapat berjalan aman dan terhindar dari masalah hukum.

"Dalam rapat Forkopimda belum lama ini, Ibu Kajari Bangka Barat menawarkan silakan bila ada desa atau kecamatan yang mengajukan permohonan penyuluhan hukum, kejaksaan Babar siap. Jangan sungkan berkonsultasi sehingga tidak muncul keraguan terkait pemanfaatan dana di desa misalnya. Ini penting sehingga bisa meminimalisir persoalan hukum yang bisa saja terjadi di kemudian hari," kata Markus di hadapan puluhan Kades yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bangka Barat.

Markus juga mengajak para Kades untuk selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama yang selama ini terpelihara sangat baik di Bumi Sejiran Setason.

"Bangka Barat adalah daerah dengan karakteristik masyarakat yang toleran dan hidup berdampingan dengan damai selama ini. Ini yang harus kita jaga dan pelihara terus," pungkasnya.

Bupati Markus pun berpesan kepada para Kades selalu menjaga kekompakan dengan para anggota BPD di wilayah masing-masing, agar proses pembangunan di desa dapat berjalan optimal sesuai harapan bersama.

Sementara Ketua DPC Apdesi Bangka Barat, Benny Asbandi, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Markus dalam Rakor itu. Menurutnya, Rakor ini merupakan agenda pertemuan bulanan untuk saling sharing antara para Kades terkait berbagai hal termasuk upaya pembangunan di desa.

"Dan salah satu yang kami bahasa dalam Rakor beberapa bulan lalu di Tempilang dan Kelapa ialah terkait akan ada bimtek penyuluhan hukum bagi Apdesi Babar ini," tandas Benny.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved