Berita Sungailiat

Kolaborasi dengan Masyarakat, Pemdes Pemali Gelar Sumpah Pemuda Digelar di Batu Harimau

Sumpah Pemuda sangat bermakna. Ikrar ini tetap dikenang sepanjang masa. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pemali

Ist/Isnanto
Kades Pemali, Isnanto alias Jonet, Kepala Dinas Pendidikan Bangka, Andi Hudirman, Kapolsek Pemali Ipda AF Pulungan dan sejumlah pihak menghadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 di Desa Pemali, Senin (28/10/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Sumpah Pemuda sangat bermakna. Ikrar ini tetap dikenang sepanjang masa. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pemali, peringatan sumpah pemuda melibatkan lembaga desa, berbagai pihak dan kelompok.

Kepala Desa (Kades) Pemali, Isnanto alias Jonet diwakili Sekdes Pemali, Rosmanto Nata kepada Bangka Pos, Senin (28/10/2019) mengatakan, pihak yang dilibatkan saat memeriahkan Hari Sumpah Pemuda masing-masing Pokdarwis, Pihak Perpustakaan Pemali dan sejumlah elemen masyarakat.

"Kami telah berkolaborasi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut memeriahkan momentum Hari Sumpah Pemuda, Tahun 2019 dengan tema Dengan Semangat Pemuda Mari Kita Baca Sejarah, Bangun Karakter, Tumbuhkan Budaya Kreatif dan Menyambung Peradaban dengan Gerakan Literasi,” kata Sekdes Pemali, Rosmanto Nata, yang juga ketua pelaksana acara.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 26-27 Oktober 2019 di Tempat Wisata Batu Harimau Airsimpur Desa Pemali. Acara pada Tanggal 26 Oktober 2019 yaitu penulisan cerita rakyat tentang asal mula Batu Harimau Airsimpur Pemali.

Selain penulisan soal sosialisasi pendidikan seksual dan pencegahan narkoba bagi anak-anak dan remaja, gerakan lingkungan bersih, termasuk  lomba bercerita menggunakan Bahasa Bangka serta Lomba Fashion Show menggunakan bahan bahan bekas (daur ulang).

Sedangkan pada Tanggal 27 Oktober 2019 yaitu lomba marathon 3,2 Km, Senam Bedincak dan Zumba dan acara resepsi kegiatan Hari Sumpah Pemuda.

Peringatan Sumpah Pemuda Desa Pemali berlokasi di Wisata Batu Harimau Airsimpur, sebagai ajang promosi kepada khalayak banyak tentang keberadaan Wisata Baru Harimau Airsimpur Desa Pemali Kecamatan Pemali.

Acara resepsi peringatan Hari Sumpah Pemuda Desa Pemali dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Bangka, Andi Hudirman mewakili Bupati Bangka Mulkan.

Hadir pula Kapolsek Pemali Ipda AF Pulungan mewakili Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono dan sejumlah pejabat lainnya.

"Tema kita buat sedemikian rupa untuk menyatukan pola pikir anak bangsa tentang karakter yang berbudaya dan kreatif dengan tidak melupakan sejarah melalui gerakan literasi," kata Rosmanto Nata, mewakili Kades Pemali, Isnanto alias Jonet. (Bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved