Breaking News:

Berita Sungailiat

Belasan ABG di Sungailiat Terjaring Razia, Dua di Antaranya Wanita Ikut Pesta Arak

Belasan anak usia bawah umur terjaring razia di sejumlah warnet dan tempat tongkrongan pinggir jalan, malam hari

Penulis: Fery Laskari | Editor: khamelia
(IST/Satpol PP Bangka)
Belasan anak usia bawah umur, Suandi antaranya wanita terjaring razia saat nongkrong sambil menenggak minuman jenis arak di Jl Maria Goreti Sungailiat Bangka, Senin (28/10/2019) malam. 

Anak baru gede (ABG) itu nongkrong sambil menenggak minuman memabukan, jenis arak, termasuk dua di antara wanita.

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Belasan anak usia bawah umur terjaring razia di sejumlah warnet dan tempat tongkrongan pinggir jalan, malam hari. Padahal Surat Edaran Bupati Bangka menyebutkan, batas anak keluar malam maksimal Pukul 21.00 WIB. Ironisnya lagi, anak baru gede (ABG) itu nongkrong sambil menenggak minuman memabukan, jenis arak, termasuk dua di antara wanita.

Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Penegakan Perundang-Undangan Achmad Suherman, Selasa (29/10/2019) mengatakan, patroli malam, dimulai Pukul 21.35 WIB, malam tadi.

"Targetnya anak sekolah aktif yang masih nongkrong di Warnet dan pinggir jalan seputaran Kota Sungailiat Bangka," kata Suherman.

Suherman yang ketika itu didampingi Kasi Pengawasan Bidang Penegakkan Perundang-Undangan dan Kasi Aset Bidang Tibum Tranmas beserta anggota Pol PP lainnya mengawali razia pada Warnet Princes Sungailiat.

Tim Pol PP Bangka mengelar razia di sejumlah Warnet di Kota Sungailiat, Senin (28/10/2019) malam
Tim Pol PP Bangka mengelar razia di sejumlah Warnet di Kota Sungailiat, Senin (28/10/2019) malam ((IST/Satpol PP Bangka).)

Di Warnet ini tim menemukan beberapa anak sekolah asik bermain game, padahal waktu sudah menunjukkan Pukul 22.00 WIB. Anak usia bawah umur kalangan pelajar ini diinterogasi dan diminta segera pulang ke rumah masing-masing.

"Kita mengimbau kepada anak-anak tersebut jangan lagi nongkrong di Warnet sampai larut malam karena ada ketentuan anak usia sekolah atau bawah umur tidak boleh keluyuran
atau bermain malam hari sesuai surat edaran bupati. Kita juga imbau kepada pemilik Warnet agar melarang anak usia sekolah main game sampai larut malam," kata Suherman.

Diakui Suherman, razia kali ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Bangka yang menyatakan, anak umur di bawah 18 tahun hanya boleh berada di luar rumah hingga batas Pukul 21.00 WIB, kecuali dalam pengawasan orangtua atau keperluan yang dapat dipertanggung-jawabkan.

"Kami dari Satpol PP Bangka sengaja mengadakan patroli malam, target kita anak sekolah. Karena sayang sekali, jika anak-anak masih usia begini sudah rusak dengan game, malah banyak yang kecanduan. Kami minta dengan tegas untuk setiap pemilik Warnet memperhatikan dan melaksanakan aturan mainnya, jangan melanggar Perda," kata Suherman.

Para pemilik Warnet seharusnya peduli pada masa depan anak atau kalangan pelajar. Pemilik Warnet juga harus mengimbau atau melarang anak-anak bermain game sampai larut malam, termasuk main game siang hari sambil bolos jam pelajaran dan masih mengenakan seragam sekolah.

Sementara itu, Pol PP Bangka tak hanya merazia Warnet Princes, namun sejumlah Warnet lainnya seperti Warnet Legend Net, Sky Net dan lainnya. Tak hanya Warnet yang jadi objek razia, namun beberapa sudut kota, pinggir jalan didatangi.

"Di tempat berbeda, tim kita menemukan gerombalan anak-anak (belasan orang), termasuk di antaranya dua orang cewek usia bawah umur sedang nongkrong sambil menenggak minuman beralkohol, jenis arak di seputaran Jalan Maria Goreti Sungailiat. Mereka langsung kita bubarkan, malam itu juga," tegas Suherman.

(bangkapos.com/ferylaskari).

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved