Berita Pangkalpinang

Lestarikan Kebudayaan Lokal, 18 Kelompok Jago Cerita Ikuti Lomba Bercerita Bahasa Daerah

Sebanyak 18 kelompok dari Sekolah Luar Biasa, SMA sederajat dan umum yang berisi jago-jago bahasa daerah

Lestarikan Kebudayaan Lokal, 18 Kelompok Jago Cerita Ikuti Lomba Bercerita Bahasa Daerah
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Para peserta Lomba Bercerita Bahasa Daerah yang digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel di aula Natar Praja, Kantor BKPSDM Babel, Selasa (29/10/2019) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Sebanyak 18 kelompok dari Sekolah Luar Biasa, SMA sederajat dan umum yang berisi jago-jago bahasa daerah mengikuti lomba bercerita, Selasa (29/10/2019).

Mereka mengikuti lomba bercerita menggunakan bahasa daerah yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kepulauan Bangka Belitung di Aula Natar Praja, Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Seksi Layanan dan Pengembangan Informasi Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel, Yulidar menjelaskan, para peserta akan dinilai dewan juri dengan melihat sejumlah aspek seperti penampilan, materi, hingga kemampuan bercerita.

Juara 1 hingga harapan 2 akan mendapatkan piagam penghargaan, trofi, dan uang pembinaan.

Lomba ini merupakan satu di antara cara untuk mengembangkan kegemaran membaca sebagai upaya melestarikan kebudayaan lokal dan memperkokoh persatuan dan kesatuan sejak dini.

"Tujuannya untuk menanamkan minat dan kegemaran membaca khususnya terhadap buku cerita, kecintaan budaya daerah, dan menarik minat baca masyarakat melalui buku dan meningkatkan kecintaan terhadap bahasa daerah," kata Yulidar.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel Asyraf Suryadin mengatakan, para pemenang juga tidak menutup kemungkinan nantinya akan dilibatkan mengisi acara pada kegiatan-kegiatan yang bakal dilaksanakan pemerintah.

"Nanti ada kegiatan bisa mengikutsertakan para juara, baik juara satu hingga harapan dua untuk tampil pada kegiatan tersebut," kata Asyraf. (Bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved