PEMERINTAH Kota Pangkalpinang

Momentum Sumpah Pemuda Jadi Pemersatu di Pangkalpinang

PEMERINTAH Kota Pangkalpinang menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun, Senin (28/10) di halaman Gedung Tudung Saji Pemkot Pangkalp

Momentum Sumpah Pemuda Jadi Pemersatu di Pangkalpinang
ist/ira
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun yang berlangsung di halaman Gedung Tudung Saji Pemkot Pangkalpinang, Senin (28/10). 

BANGKAPOS.COm,BANGKA-- Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun, Senin (28/10) di halaman Gedung Tudung Saji Pemkot Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpi­nang, Maulan Aklil sebagai inspektur upacara membacakan amanat Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang kutipan isinya, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema ‘Bersatu Kita Maju’ sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Bagi Molen, momentum ini harus dimaknai dengan penguatan persaudaraan dan silaturahmi yang erat diantara pemuda. Untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas, tentunya menurut Molen, pemuda harus berpikir positif dan mempunyai motivasi mencapai visi misi pembangunan.
“Singkirkan iri dengki dan pikiran negatif. Ini saatnya kita memotivasi dan mencapai apa yang ingin dicapai,” seru Molen.

Dia menuturkan, pada 11 bulan masa kepemimpinannya dia belum melihat pemuda memiliki ruang untuk mengeksplorasi kemampuannya. Kedepan, dia ingin memberikan ruang dan wadah untuk para pemuda menuangkan kompetensinya, baik pada bidang seni budaya maupun olahraga.

“Harapannya kita semua bersinergi melakukan hal positif membangun pangkalpinang untuk kepenti­ngan kita semua,” ungkap Molen.

Pada momentum ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang juga memberikan penghargaan berupa pin pinang emas kepada Kapolda Bangka belitung, Brigjen Pol Istiono sebagai Inisiator Senam Bedincak.

“Alhamdulillah Sumpah Pemuda kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, kita juga kedatangan tamu spesial, Kapolda Babel yang menginisiasi Senam Bedincak ini,” paparnya.

Menurut Molen, pin emas yang diberikan setahun sekali ini memang pantas disematkan kepada inisiator yang menyatukan masyarakat melalui seni dan budaya.

Senam Bedincak pun sudah mewabah di seluruh penjuru Pulau Bangka dan Belitung, bahkan hingga Singapura dan Malaysia.

Molen juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Brigjen Pol Istiono yang menyumbangkan ide Senam Bedincak sehingga seni budaya daerah Babel dapat setara dengan tarian lainnya seperti Maumere, Poco-poco maupun Sajojo dan lainnya.

Dia berharap di Pangkalpinang terhindar dari konflik dan perpecahan sehingga masyarakat tetap satu demi mewujudkan pembangunan dan kepen­tingan bersama.

Upacara dihadiri unsur Forkopimda, jajaran OPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pelajar. Setelah upacara juga dilanjutkan dengan penampilan senam bedincak oleh personel Polda Babel diikuti seluruh peserta upacara. (adv/q6/may)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved