WIKI BANGKA

VIDEO: WIKI BANGKA - Pemandangan Eksotis Pantai Tuing di Sungailiat Kabupaten Bangka

Butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Sungailiat Bangka menuju Pantai Dusun Tuing.

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Desir angin sepoi-sepoi. Daun kelapa terlihat melambai dari kejauhan. Burung-burung camar sesekali menukik menangkap mangsa hingga ke dasar lautan.

Sementara hamparan pasir putih menghiasi bibir pantai. Panorama ini tak ternilai harganya. Begitulah pesona Perairan Pantai Dusun Tuing, Desa Mapur Kecamatan Riasuilip Bangka.

Butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Sungailiat Bangka menuju Pantai Dusun Tuing. Jarak tempuh ini dapat dilintasi pengunjung menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, karena akses jalan aspal luas membentang.

Namun sebelum sampai di pantai itu, pengunjung harus terlebih dulu harus melewati beberapa kelurahan, dusun atau desa.

Kelurahan pertama yang dilalui setelah pusat Kota Sungailiat adalah Kelurahan Kudai, kemudian berlanjut ke Kelurahan Sianarjaya Jelutung (Sinjel).

Setelah dua kelurahan ini terlewati, maka pengunjung mulai memasuki Kecamatan Riausilip Bangka, yaitu Desa Deniang, sebagai desa pertama di kecamatan itu,

jika ditempuh dari arah selatan menuju menuju arah utara pulau timah ini. Beberapa menit melintasi Desa Deniang, pengunjung dihadapkan pada desa berikutnya, yaitu Desa Cit. Persis di penghujung desa Cit, pengunjung wajib belok kanan menuju arah Simpang KD Mentok atau arah Desa Mapur. Nah, di penghujung Desa Mapur itulah Pantai Dusun Tuing berada.

Pantai ini cukup luas dan berada di sepanjang jalan dusun beraspal. Namun pemandangan paling eksotis berada di bawah bebukitan. Sebelum tambatan perahu nelayan berada karena perairannya lebih tenang dan merupakan kawasan teluk.

Selain dapat merasakan rindangnya pepohonan, putihnya pasir dan beningnya air laut, pengunjung juga disuguhkan bukit tinggi hijau membentang. Asiiik kan..??

"Luar biasa, pantainya masih indah, air lautnya jernih, belum ada penambangan timah laut di daerah ini. Untuk refresing cukup bagus tempat ini, sambil jaring ikan, udang, kepiting dan makan nasi bungkus, wuih mantul, mantap betul lah pokoknya," kata Zardy (45), duda beranak satu asal Desa Karyamakmur Kecamatan Pemali Bangka, Pengunjung Pantai Tuing pada bangkapos.com, Senin (28/10/2019) petang kemarin.

Pengunjung lainnya, Jerry Liem alias Ajun Konter (40) asal Airsabak Kecamatan Sungailiat Bangka, Senin (28/10/2019) melontarkan pujian serupa pada pantai ini.

"Kawasan Pantai Tuing sangat bagus dikembangkan untuk pariwisata. Apalagi pemadangannya begitu indah, ada bebukitan menjulang tinggi di tepi pantai, lengkap dengan bebatuannya," kata Ajun, yang ketika itu sengaja datang bersama rekan, sambil menjaring ikan, udang dan kepiting, sekaligus santap siang bersama di tepi pantai berpasir putih.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved