Berita Pangkalpinang

Bong Ming Ming Beberkan Alasan DPRD Bangka Belitung Tak Hapus IUP Timah di Tanjung Ular

Bong Ming Ming kepada bangkapos.com, Rabu (30/10/2019) membeberkan alasannya tak menghapus IUP Timah di Kawasan Perairan Tanjung Ular.

Bong Ming Ming Beberkan Alasan DPRD Bangka Belitung Tak Hapus IUP Timah di Tanjung Ular
bangkapos.com/Ryan A Prakasa
Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, Bong Ming Ming 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bong Ming Ming mengakui bila disekitar perairan Tanjung Ular, Kabupaten Bangka Barat masih ada IUP Timah.

Padahal disekitar kawasan Tanjung Ular direncanakan bakal dibangun pelabuhan berskala international. Dalam perda rencana zonasi wilayah pulau pulau kecil tak menghapus IUP Timah yang ads di kawasan tersebut.

Bong Ming Ming kepada bangkapos.com, Rabu (30/10/2019) membeberkan alasannya tak menghapus IUP Timah di Kawasan Perairan Tanjung Ular.

"Rencananya kan di Tanjung Ular mau dibangun pelabuhan. Memang sampai saat ini IUP Timah di perairan Tanjung Ular tidak dihapus di dalam Perda RZWP3K," kata Bong Ming Ming.

Dia yang saat pembahasan perda itu masuk sebagai anggota Panitia Khusus (Pansus) RZWP3K. Namun saat ini setelah selesai, perda berada di pemprov dan pansus pun sudah dibubarkan.

Pansus tak menghapus IUP Timah tersebut beber Bong Ming Ming agar IUP Timah tersebut ditambang.

Limbah tambang yang berupa pasir dibuah ke pesisir pantai untuk dijadikan daratan.

"Kalau pelabuhan skala internasional setidaknya kita butuh pelabuhan yang dalam. Aktifitas tambang inilah untuk memperdalam kawasan itu, limbah berupa pasir itu bisa menjadi daratan yang luas sampai ke pesisir pantai dan dijadikan areal dermaga," jelas Bong Ming Ming.

Dari aktivitas penambangan di IUP dan pesisirnya jadi daratan baru, tidak banyak mengeluarkan biaya untuk pendalaman atau pengerukan pelabuhan.

Akan tetapi prosesnya butuh sinergi dari Pemkab Babar, Pemprov Babel, PT Timah dan pengembang.

"Itulah alasan kita mempertahankan adanya IUP itu. Supaya nanti ada sinergitas dalam proses dan tahapan pembangunannya. Proses penambangannya bisa mendukung pembangunan pelabuhan Tanjung Ular, baik dari Pemda, Pemprop, PT Timah dan pihak pengembangnya," ujar Bong Ming Ming.

(bangkapos.com/ Hendra).

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved