Bupati Markus Serahkan 284 Sertifikat Tanah Program PTSL untuk Warga Desa Kapit

Bupati Bangka Barat Markus bersama Kepala Kantor Pertanahan Bangka Barat Agustinus Sahetapy, A. Ptnh

Bupati Markus Serahkan 284 Sertifikat Tanah Program PTSL untuk Warga Desa Kapit
Ist
Bupati Markus SH didampingi Kepala Kantor Pertanahan Babar Agustinus Sahetapy, Kapolsek Jebus AKP Saleh, Kades Kapit Deni Ferdian melakukan penyerahan sertifikat tanah PTSL kepada salah satu warga penerima, Kamis (31/10) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Barat Markus bersama Kepala Kantor Pertanahan Bangka Barat Agustinus Sahetapy, A. Ptnh, menyerahkan 284 sertifikat tanah program pemerintah melalui Sistim Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Desa Kapit, Kecamatan Parittiga, Kamis (31/10).

Bupati Markus menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak terkait, yang telah berperan menyukseskan program PTSL di wilayah Kabupaten Bangka Barat.

Selanjutnya dalam sambutan, politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, tanah merupakan aset yang harus dikelola secara aman, tanpa ada persengketaan yang mungkin saja terjadi.

Foto bersama Kepala Desa Kapit usai penyerahan secara simbolis
Foto bersama Kepala Desa Kapit usai penyerahan secara simbolis (Ist)

"Inilah fungsi program PTSL yang juga program strategis nasional. Sertifikasi program PTSL juga berfungsi mengurangi sengketa tanah yang bisa saja terjadi di wilayah kita," kata Markus.

Menurut Bupati muda dan energik ini, penyerahan sertifikat tanah berjumlah 284 di desa Kapit dan 247 sertifikat di desa Semulut, sangatlah penting karena menjadi bukti sah kepemilikan serta memberi kepastian hak atas tanah yang berkekuatan hukum dan otomatis mengurangi sengketa.

Kepala Kantor Pertanahan, Agustinus Sahetapy, A. Ptnh, menerangkan sertifikat tanah program PTSL ini adalah program nasional prioritas pemerintah yang harus dilaksanakan.

"PTSL ini program nasional. Lewat penyerahan ini, maka desa Kapit menjadi awal untuk selanjutnya kami tindak lanjuti juga dengan melakukan penyerahan bagi seluruh kecamatan di Bangka Barat," jelas Agustinus.

Salah satu warga penerima manfaat sertifikat program PTSL saat mengambil sertifikatnya.
Salah satu warga penerima manfaat sertifikat program PTSL saat mengambil sertifikatnya. (Ist)

Lebih jauh, Agus-sapaan Agustinus-menandaskan, pada tahun 2019 ini badan pertanahan Bangka Barat akan menyerahkan sertifikat sebanyak 9.000 sertifikat di 6 kecamatan dan 25 desa se-Babar.

"Mohon dukungan Bapak Bupati dan masyarakat untuk proses selanjutnya. Jika tahun ini 9 ribu sertifikat kami serahkan, maka 2020 ditargetkan 25 ribu sertifikat untuk Bangka Barat. Untuk kecamatan Parittiga, tahun ini kami akan memberikan sertifikat sebanyak 4.331. Kepada bapak/ibu penerima sertifikat semoga bermanfaat, bukan hanya diterima tapi dimanfaatkan dengan baik," pungkasnya. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved