NEWS ANALYSIS - Rencana Pemprov Babel Tata Ulang Teluk Bayur, Luna: Bukan perkara sepele

Upaya menata kawasan Teluk Bayur sangat baik, tetapi pemerintah juga tidak boleh tutup mata

NEWS ANALYSIS - Rencana Pemprov Babel Tata Ulang Teluk Bayur, Luna: Bukan perkara sepele
istimewa
Dosen Sosiologi FISIP UBB, Luna Febriani SSos MA 

Luna Febriani
Dosen Sosioligi Universitas Bangka Belitung

UPAYA Pemprov Babel ini mengingatkan kita pada upaya keras yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menutup lokalisasi Gang Dolly.

Bangka Belitung memiliki beberapa objek lokalisasi yang menyebar, yang tidak lepas sebagai daerah pertambangan. Lokalisasi dan pertambangan memiliki hubungan yang intim sekali.

Upaya menata kawasan Teluk Bayur sangat baik, tetapi pemerintah juga tidak boleh tutup mata terhadap kehidupan masyakakat di sana.

Upaya menata lokalisasi bukan perkara yang sepele, mengingat dalam setiap lokalisasi terdapat kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat setempat .

Oleh karena itu, ada hal-hal penting yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan pemerintah sebelum, saat, dan pasca melakukan upaya penataan tersebut.

Tujuan yang akan dicapai oleh pemerintah terkait upaya revitalisasi tersebut.

Jika tujuan revitalisasi itu hanya semata-mata dilakukan untuk menutup aktivitas prostitusi di Kota Pangkalpinang, maka itu adalah hal yang mustahil.

Prostitusi ini merupakan sebuah sistem, dimana syarat terjadinya sistem maka harus ada unsur-unsur atau subsistem yang menyusunnya secara terintegrasi. Dalam hal ini, subsistem yang menyusun prostitusi ini ada banyak sekali, seperti aktor, jaringan, dukungan, aktivitas,ruang dan waktu serta lain sebagainya.

Menutup lokalisasi Teluk Bayur tidak berarti secara otomatis akan menutup aktivitas prostitusi di Kota Pangkalpinang.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved