Breaking News:

Universitas Sahid Sampaikan Hasil Riset Wisata Kuliner di Bangka Belitung

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid Jakarta menggelar Forum Group Discussion (FGD) de­ngan tema Strategi

istimewa
Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Universitas Sahid Jakarta bersama Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha Wisata dan Kuliner Bangka Belitung bertempat di Rumah Kayu BBG, Rabu (30/10). 

BANGKAPOS.COM--Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid Jakarta menggelar Forum Group Discussion (FGD) de­ngan tema Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Untuk Mendukung UMKM Dan Kearifan Lokal di Provinsi Bangka Belitung, Rabu(30/10).

Mengundang para pemangku kepentingan di Provinsi Bangka Belitung diantaranya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, organisasi-organisasi yang bergerak di bidang Industri Pariwisata, Kuliner, Seni Budaya, serta dosen-dosen dan mahasiswa perguruan tinggi.

Forum Group Discussion (FGD) ini dilaksanakan melalui bantuan dana hibah penelitian dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan tujuan untuk menyamakan pendapat tentang hasil dari penelitian yang dilakukan oleh tim riset Universitas Sahid Jakarta berkenaan dengan perkembangan pariwisata, kuliner, dan seni budaya yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

Bertempat di Rumah Kayu Bangka Botanical Garden (BBG) Jl. Raya Pasir Padi, Kelurahan Temberan, Kota Pangkalpinang.

Hadir pada kegiatan ini Founder Rumah Inspirasi Buasan, Bahar Buasan, Tim riset dari Universitas Sahid Jakarta, Prof. Dr. Ir. Giyatmi, Msi, Dr. Levyda, SE, MM, Kania Ratnasari, ST, MIB, Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Bangka Belitung M. Riva’i, Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bangka Belitung Djohan Riduan Hasan, Perwakilan Bank Indonesia Kantor Cabang Bangka Belitung, Dosen dan mahasiswa Universitas Bangka Belitung, perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangka Belitung, perwakilan Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bangka Belitung, perwakilan Asosiasi Sales Agent Travel Indonesia (ASATI) Bangka Belitung, serta tamu undangan lainnya.

Bertindak selaku moderator dalam Forum Group Discussion (FGD) ini adalah Founder Rumah Inspirasi Buasan sekaligus anggota DPD RI periode 2009-2014, 2014-2019, Bahar Buasan.

Dalam sambutannya, Bahar sangat berterimakasih kepada seluruh undangan yang hadir terutama kesediaan dari pemangku-pemangku kepenti­ngan yang memang berkompeten menyikapi perkembangan dunia pariwisata, kuliner, seni dan budaya di Bangka Belitung untuk hadir pada Forum Group Discussion (FGD) ini.

Narasumber yang dihadirkan di Forum Group Discussion (FGD) adalah Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Prov. Babel, M. Riva’i, Ketua DPD GIPI Bangka Belitung, Djohan Riduan Hasan, Ketua tim riset dari Universitas Sahid Jakarta, Dr. Levyda, SE, MM.

Dalam sambutannya Dr. Levyda berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada timnya memaparkan hasil riset yang dilakukan bersama timnya, dirinya menerangkan bahwa bagaimana pola konsumsi, dan pilihan berdasarkan kesukaan dari masyarakat sangat berpengaruh perihal kuliner, wisata, dan industri olahan UMKM, dirinya menambahkan pentingnya suatu pemerintah daerah benar-benar mendata dan mengemas keunggulan serta kekhasan dari kuliner, tempat wisata, dan cinderamata orisinilnya dengan baik agar dunia pariwisata yang ingin dijual ke khalayak luas dapat optimal.

“Provinsi Bangka Belitung sa­ngat kaya akan ragam wisata dan kulinernya, dan dari riset yang kami lakukan, Kuliner adalah salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri selain tempat wisata, jadi alangkah bagusnya bila travel-travel agensi disini bersama dinas pariwisata dan pelaku-pelaku usaha kuliner, benar-benar bekerjasama dengan baik agar wisatawan yang datang bisa menikmati setiap kuliner dan tempat wisata disini dengan optimal dan meninggalkan kesan baik yang berkelanjutan bagi mereka,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: iklan bangkapos
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved