Breaking News:

Advertorial

JKN-KIS Hapus Kecemasan akan mahalnya Berobat

Kita tidak tahu betapa berharganya kesehatan hingga kesehatan itu hilang dari kita

JKN-KIS Hapus Kecemasan akan mahalnya Berobat
Ist
Narasumber:Rizkiandi

BANGKAPOS.COM,BANGKA-– Tak terasa sudah lima tahun menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Rizkiandi (28) mengatakan telah banyak merasakan manfaat dari program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Dengan hadirnya Program JKN-KIS untuk masyarakat Indonesia merupakan hal yang sangat disyukuri oleh Rizki karena memberikan jaminan perlindungan terhadap kesehatan pesertanya. 

“Sejak dicanangkan oleh pemerintah pada 1 Januari 2014, saya langsung berinisiatif untuk mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS. Saya mendaftarkan semua anggota keluarga dalam satu KK sekaligus menjadi peserta mandiri walaupun saat itu masih bisa mendaftar secara orang perorangan. Saat daftar pun mudah, gampang dan tidak rumit saat jadi peserta,” ujar Rizki mengawali cerita kepada tim Jamkesnews, Rabu (23/1/2019).

Bapak satu anak ini juga mengatakan bahwa saat ini biaya kesehatan sangat tinggi dan sangat mungkin makin meningkat di kemudian hari.

“Saya tersadar bahwa biaya rumah sakit sangat tinggi terutama pada saat tahun 2016, ayah saya harus dirawat di rumah sakit karena sakit jantung. Ayah saya harus bolak balik rumah sakit bahkan dirawat di ICU sampai empat kali karena penyakitnya,”  jelas Rizki. 

“Alhamdulillah, selama pengobatan ayah saya, tidak ada biaya sedikitpun yang kami keluarkan. Bahkan saat dirujuk ke Jakarta pun tidak ada kesulitan yang ditemui. Saya merasa sangat dipermudah dan gampang mengakses pelayanan kesehatan,“ ungkapnya.

Menurut Rizki, pengalaman paling berkesan saat menjadi peserta JKN-KIS adalah saat almarhum ayahnya menerima pelayanan kesehatan tidak dibeda-bedakan dan sangat dimudahkan sebagai peserta JKN-KIS.

“Saat almarhum ayah dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto untuk operasi bedah jantung, ia dirawat hampir satu bulan lamanya. Kalau menggunakan biaya sendiri pasti tidak akan sanggup. Pelayanan yang diterima pun sangat baik dan dimudahkan,” kenang Rizki.

Walaupun dirinya mengaku belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS secara pribadi namun dirinya mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya kesehatan dan mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga.

“Kita tidak tahu betapa berharganya kesehatan hingga kesehatan itu hilang dari kita. Di saat kita masih sehat ada baiknya kita mendaftarkan diri sendiri dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS untuk perlindungan terhadap sakit yang datang tiba-tiba. Saya dan keluarga sudah merasakan sendiri manfaat yang luar biasa dari Program JKN-KIS,” ucap Rizki menutup percakapan. 

Penulis: iklan bangkapos
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved