Berita Bangka Selatan

Mangrove di Merbau Rusak Akibat Aktivitas Alat Berat

Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Batu Perahu kecam adanya aktivitas alat berat Ekskavator dan Buldoser yang sebabkan kerusakan Hutan

Mangrove di Merbau Rusak Akibat Aktivitas Alat Berat
(Ist/Pokmaswas Batu Perahu)
Aktivitas Alat Berat di Merbau, Tanjung Ketapang yang Merusak Mangrove

BANGKAPOS.COM – Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Batu Perahu kecam adanya aktivitas alat berat Ekskavator dan Buldoser yang sebabkan kerusakan Hutan Mangrove di kawasan Merbau, Kelurahan Tanjung Ketapang.

Bahkan ketika Pokmaswas Batu Berahu melakukan penyelidikan, mereka mendapati adanya unit alat berat yang sedang beroperasi.

Mewakili Pokmaswas Batu Berahu, Joni Zuhri menyampaikan sebagai sebuah kelompok masyarakat pengawas, pihaknya sangat mengecam aktivitas yang dilakukan oleh oknum yang tak bertanggungjawab tersebut.

"Sebelumnya sejauh yang kami ketahui di sana itu ada aktivitas penambakan ikan, tetapi semakin ke sini kami perhatikan aktivitas mereka itu ternyata sudah lakukan perambahan Hutan Bakau (red-Mangrove) sehingga merusak ekosistem alam," ujar Joni Zuhri pada Jumat, (1/11/2019).

Menurut sepengetahuannya, Joni menyebutkan kegiatan yang diketahui oleh pihaknya adalah aktivitas tambak, namun ketika ada laporan ternyata ada aktivitas yang tiba-tiba sudah merambah Hutan Bakau di pesisir pantai yang mengakibatkan Mangrove yang sudah tertanam dan berdiameter lebih kurang 50 cm banyak yang ditumbangkan dengan alat berat.

Tak hanya itu, Joni Zuhri menyatakan jika kawasan Mangrove itu dilindungi oleh UU Nomor 27 tahun 2007, sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 1 tahun 2014 tentang Kelautan dan UU Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H) sesuai Pasal 13 Huruf F bahwa dilarang melakukan penebangan hutan di wilayah pesisir dengan jarak 130 kali selisih pasang tertinggi dan terendah.

"Sebagai Pokmaswas yang fungsinya adalah mengawasi dan melaporkan serta berupaya lakukan pencegahan dugaan pelanggaran pemanfaatan dan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dan pengawasan bidang perikanan, kami akan terus awasi aktivitas ini," tuturnya.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Tags
Mangrove
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved