Advertorial

Samolnas Solusi Bayar Pajak Kendaraan Mudah dan Cepat

Tim Pembina Samsat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari Dit Lantas, Badan Keuangan Daerah, Jasa Raharja dan Bank Sumselbabel me

Samolnas Solusi Bayar Pajak Kendaraan Mudah dan Cepat
ist/edw
Tim Pembina Samsat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan sosialisasi Samsat Online Nasional (Samolnas) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Pertemuan Kantor Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalpinang, Kamis (31/10).

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Tim Pembina Samsat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari Dit Lantas, Badan Keuangan Daerah, Jasa Raharja dan Bank Sumselbabel melaksanakan sosialisasi Samsat Online Nasional (Samolnas) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Pertemuan Kantor Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalpinang, Kamis (31/10/2019).

Dalam kegiatan sosialisasi ini mengundang peserta dari unsur media massa, pegawai kelurahan dan kecamatan, OPD, organisasi motor dan otomotif, organda, pegawai swasta, tokoh masyarakat dan lainnya.

Kasubbid Teknis Pajak, Seng­keta Pajak Bakeuda Pemprov Babel, Syamsul Bahri mengatakan kegiatan ini dalam rangka menggugah masyarakat terkait adanya Samolnas, karena pembayaran pajak kendaraan bermotor saat ini bukan hanya dilakukan di Kantor Samsat saja, tetapi saat ini juga ada aplikasi Samolnas yang bisa didownload di Play Store telepon seluler android.

“Pembayaran pajak kendaraan memang bisa dilakukan di Kantor Samsat, Samsat Sitempoh, Samsat Corner dan Samolnas. Jadi sistem pembayaran ada yang tunai dan nontunai semuanya diakomodir,” kata Syamsul.

Dilanjutkannya, selain itu untuk mengakomodir instruksi KPK yang menggalakkan transaksi nontunai dan juga arahan Kemen­terian Dalam Negeri.

“Persiapan pembayaran pajak Samolnas ini sudah dipersiapkan sejak jauh hari bersama Samsat pusat untuk mendesain sistem ini, jadi semua perangkat sistem Samolnas ini sudah siap, silakan yang mau membayar pajak kendaraannya melalui Samolnas hari ini juga sudah bisa, silakan download aplikasinya di play store,” jelasnya.

Diakuinya sampai saat ini masyarakat sudah cukup antusias untuk mengetahui sistem Samolnas. Hal ini bisa dilihat dari website Samolnas Babel sampai hari ini reali­sasinya sudah hampir mencapai 4 jutaan wajib pajak.

Sementara Kompol Jecson R Hutapea, Kasi STNK Ditlantas Polda Babel meng­atakan Samolnas ini merupakan wujud Nawacita Presiden Republik Indonesia, dimana pemerintah wajib hadir ditengah-tengah masyarakat dan salah satu cara untuk menghilangkan birokrasi yang berbelit-belit, pungli dan calo.

Sejak dilaunching tanggal 23 September 2019 atau saat HUT Satlantas sampai saat ini baru ada 7 wajib pajak yang sudah membayar pajak menggunakan sistem Samolnas ini di Provinsi Babel.

“Target kita ke depan berharap sebanyak-banyaknya masyarakat bisa membayar pajak menggunakan aplikasi Samolnas ini. Kita harapkan dengan adanya sosialisasi ini sampai akhir tahun nanti ada 50-100 orang bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar pajak kendaraannya,” harap Jecson.

Jecson mengimbau agar masyarakat bisa segera mendownload aplikasi Samolnas ini di Play Store. Selain itu daripada capek-capek antri bayar pajak di Kantor Samsat, lebih mudah dan bisa duduk tenang bayar pajak melalui aplikasi Samolnas ini. Apalagi, dengan aplikasi Samolnas pembayaran pajak seluruh daerah di Indonesia dapat dilakukan.

“Persyaratannya alamat wajib pajak harus sesuai dengan alamat KTP nya, untuk membayar pajak kendaraan pribadi motor dan mobil,” tukasnya.

“Kita memang baru dua kali melaksanakan sosialisasi Samolnas ini, makanya kita mengundang media massa biar masyarakat luas bisa me­ngetahui adanya aplikasi Samolnas ini, makanya kita akan terus melakukan sosialisasi,” tukasnya. (adv/edw/may)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved