Breaking News:

MoU Polda Babel - PT RBA

JAJARAN Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung siap memberikan keamanan kepada setiap investasi di daerah. Apalagi pengaman terhadap prog

ist
MoU Polda Babel-PT RBA Jamin Keamanan Investasi di KI Sadai 

JAJARAN Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung siap memberikan keamanan kepada setiap investasi di daerah. Apalagi pengaman terhadap program pemerintah yang sudah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) seperti Kawasan Industri (KI) Sadai di Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan.

Wujud kesungguhan kepolisian menjamin keamanan kepada investasi dengan menandatangani nota kesepahaman dan pedoman kerja teknis antara Polda Babel dengan PT Ration Bangka Abadi (RBA) sebagai Pengelola KI Sadai di Ruang Puratama Polda Babel di Pangkalpinang, Jumat (1/11).

“Penandatanganan nota kesepahaman karena sejak awal bahwa kepolisian menjamin keamanan bagi investasi Indonesia. Apalagi investasi di daerah KI Sadai sudah masuk dalam Proyek Strategis Nasional oleh pemerintah pusat,” ujar Kapolda Babel Brigjen (Pol) Drs Istiono SH saat mengha­diri penandatanganan MoU dengan PT RBA.

Penetapan KI Sadai sebagai PSN, kata Kapolda diikuti dengan MoU pengamanan sebagai bentuk kesiapan kepolisian dalam memberikan jaminan keamanan investasi. Sedangkan kerangka teknis pengamanannya disesuaikan dengan potensi maksimal kawasan.

“Untuk cover fisiknya oleh Kapolres, kedepan dalam perkembangan kawasan industri yang menjadi penggerak ekonomi daerah melalui investasi bisa saja menjadi Polsek khusus. sesuai dengan potensi maksimal kawasan,” ujar Istiono.

Setelah MoU dengan PT RBA, Japolda menambahkan konsep pengaman KI Sadai segera disusun karena investasi di kawasan ini berdampak luas terhadap ekonomi masyarakat.

Dalam MoU antara Polda Babel dengan PT RBA masa berlaku hingga lima tahun kedepan.

Pada kesempatan yang sama Dirut PT RBA, Vindyarto P menyampaikan kepada Kapolda dan Pejabat Utama Polda Babel yang menyaksikan penandatanganan MoU jika KI Sadai masuk dalam PSN oleh Bappenas, satu-satunya KI di Indonesia yang masuk PSN tanpa catatan setelah empat tahun segala macam kebutuhan dokumen dan persyaratan sebagai KI bisa dipenuhi.

“ KI Sadai masuk dalam PSN sebagai satu-satunya KI di Indonesia tanpa catatan dan tanpa syarat. Sehingga dari sisi pengamanan secara nasional juga menjadi prioritas dan Polda Babel meresponnya dengan cepat dalam hal jaminan keamanan bagi investasi di daerah,” ujar Vindyarto.

Dalam waktu dekat Pe­ngelola KI Sadai, Peme­rintah Provinsi Babel dan Bangka Selatan akan menghadap Bappenas dan Kementerian Perindustrian menyampaikan kepada Presiden RI untuk ditetapkan melalui Peraturan Presiden.

“PSN KI Sadai segera ke presiden untuk diterbitkan Perpres dalam rangka percepatan pembangunan sarana dan prasarana. Apalagi KI Sadai dalam perencanaannya masuk dalam industri perkapalan di wilayah barat,” tukas Vindyarto.
Dalam jangka panjang KI Sadai ini juga direncanakan untuk pembangunan bandara sebagai pendukung industri.
KI Sadai berada di Kecamatan Tukak Sadai seluas 3.000 Hektare (Ha) saat ini lahan yang sudah dibebaskan mencapai 300 Ha. Pembangunan jalan kawasan juga sedang dalam proses pengerjaan. KI Sadai dalam perencanaannya sebagai kawasan industri hilirisasi sumber daya alam di daerah. Pada kawasan ini pula direncanakan pembangunan pelabuhan internasional. (adv/may)

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved