Berita Pangkalpinang

Dua Hari Pangkalpinang Diguyur Hujan, BMKG Sebut Masa Pancaroba Dari Kemarau Menuju Penghujan

BMKG Pangkalpinang mengatakan saat ini masih di masa pancaroba kemarau menuju penghujan.

Dua Hari Pangkalpinang Diguyur Hujan, BMKG Sebut Masa Pancaroba Dari Kemarau Menuju Penghujan
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat Hujan di kota Pangkalpinang. 

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan saat ini masih di masa pancaroba kemarau menuju penghujan.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dua hari kota Pangkalpinang dan beberapa wilayah di Bangka diguyur hujan. Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan saat ini masih di masa pancaroba kemarau menuju penghujan.

"Bisa kami katakan demikian karena saat ini pola angin belum berubah total dari monsoon tenggara ke monsoon barat laut. Walaupun pada sore hingga malam sudah mulai berubah dari barat daya dan barat," jelasnya kepada bangkapos.com. Selasa, (5/10/2019).

Ia menambahkan ketika nanti pola angin sudah berubah total ke pola monsoon barat laut maka Bangka Belitung dikatakan sudah total masuk musim penghujan.

"Kejadian hujan di Babel pun sesuai dengan karaktersistik Pancaroba. Masih bersifat acak baik durasi, wilayah maupun intensitasnya," ujarnya.

Kurniaji menjelaskan seharusnya prakiraan dari Stasiun Klimatologi Koba menyebutkan pada bulan November Dasarian I Bangka Belitung sudah total memasuki musim penghujan.

Namun melihat kembali pola angin saat ini yang masih belum sepenuhnya berubah, sehingga kemungkinan akan resmi memasuki musim penghujan di Dasarian II atau III bulan November.

BMKG Beri Saran Waspadai Hal Ini saat Hujan

Hujan mulai mengguyur Kota Pangkalpinang dan berbagai wilayah Bangka. Bahkan dikabarkan bangkapos.com kemarin (Senin, 4/11/2019) ada beberapa titik wilayah Pangkalpinang tergenang air.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji memberikan saran untuk mewaspadai beberapa hal saat hujan kepada bangkapos.com. Selasa, (5/11/2019)

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved