Berita Pangkalpinang

Petani Asal Kabupaten Bangka Kecewa Lada Miliknya Hanya Dihargai Pengepul Rp 40.000 per Kg

Harga lada putih di tingkat pedagang pengepul yang sebelumnya Rp 42.000 per kg sejak dua hari terakhir ini terus turun menjadi hanya Rp 40.000 per kg.

Petani Asal Kabupaten Bangka Kecewa Lada Miliknya Hanya Dihargai Pengepul Rp 40.000 per Kg
bangkapos.com/Edwardi
Idrus, petani lada warga Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjual 1 karung lada sekitar 50 kg ke pedagang pengepul lada di Pangkalpinang 

Harga lada putih di tingkat pedagang pengepul yang sebelumnya Rp 42.000 per kg sejak dua hari terakhir ini terus turun menjadi hanya Rp 40.000 per kg.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Raut wajah Idrus, petani lada warga Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terlihat berkerut dan matanya mengeryit tajam tanda terkejut dan kecewa saat mendengar harga lada yang hendak dijualnya ke pedagang pengepul lada di Pangkalpinang hanya dihargai Rp 40.000 per kg.

"Dak tau ngapalah kita butuh uang untuk makan, dak bisa ngomong lagi lah soal harga lada ni. Kita pasrah saja," kata Idrus dengan raut muka kecewa saat ditemui di Kios Pengepul Lada milik Asen di Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang, Selasa (05/11/2019).

Idrus mengaku menanam sekitar 1.000 batang pohon lada dan baru mendapatkan hasil panen sekitar 300 kg lada.

"Kalau harga lada hanya Rp 40.000 per kg, petani lada akan terus menderita dan kecewa. Jangankan untuk dapat untung, untuk biaya balik modal saja, biaya junjung, biaya pupuk saja tidak tercapai. Bagaimana nasib petani lada ini?," keluh Idrus.

Diakui Idrus, saat ini kebun ladanya sudah tidak terurus lagi, pohon lada yang roboh dibiarkan saja. Apalagi saat musim kemarau ini banyak yang mati kekeringan.

"Ku saat ni dak ngurus lagi kebun lada, lebih baik ku nanam ubi dan nanas saja, kebun lada ku biar-biarkan saja," tukas Idrus.

Harga lada putih di tingkat pedagang pengepul yang sebelumnya berada di kisaran Rp 42.000 per kg sejak dua hari terakhir ini terus turun menjadi hanya Rp 40.000 per kg.

"Harga lada terus turun di pasaran dunia, saat ini kami berani beli hanya Rp 40.000 per kg karena harga beli di tingkat eksportir juga hanya Rp 41.000 per kg," kata Asen, pedagang pengepul lada yang membuka kios di Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang, Selasa (05/11/2019).

Diungkapkan Asen, dua hari sebelumnya harga lada masih di kisaran Rp 42.000 per kg, karena harga di eksportir juga hanya Rp 43.000 per kg.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved