Agar Tak Ketinggalan, Pengamat Publik Sarankan Angkot Pakai Aplikasi Online

Jumli Jamaluddin, Pemerhati Kebijakan Publik mengatakan perlunya inovasi agar angkot tidak ditingalkan dengan angkot gunakan aplikasi online

Agar Tak Ketinggalan, Pengamat Publik Sarankan Angkot Pakai Aplikasi Online
dok bangka pos
Jumli Jamaluddin 

Agar Tak Ketinggalan, Pengamat Publik Sarankan Angkot Pakai Aplikasi Online

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jumli Jamaluddin, Pemerhati Kebijakan Publik mengatakan perlunya inovasi agar angkot tidak ditingalkan dengan angkot gunakan aplikasi online.

"Mengikuti perkembangan zaman sekarang semuanya sudah sistem online, maka untuk tranportasi angkutan kota barangkali selain konvensional juga perlu dibuat inovasi menyesuaikan dengan sistem online tersebut. Artinya khusus angkot bisa digunakan secara konvensional dan bisa secara online. Untuk itu pemerintah perlu melakukan evaluasi untuk peremajaan angkot serta pengelolaannya secara baik dan intensif," ungkapnya kepada bangkapos.com, Rabu(6/11/2019).

Jumli juga mengatakan penyelenggaran pelayanan transportasi umum bagi masyarakat menjadi bagian dari pelayanan publik yang wajib diselenggarakan oleh Pemerintah dengan sebaik-baiknya. Sebab hal tersebut merupakan amanah undang-undang pelayanan publik.

Kebijakan publik dalam bentuk transportasi seperti angkot (angkutan kota) ataupun angdes (angkutan desa) harus tetap menjadi inisiatif wajib pemerintah daerah.

"Pemerintah Kota mesti melakukan penyesuaian untuk transportasi Kota (angkot) sesuai dengan wajah Kota pangkalpinang yang diinginkan, sehingga bisa memiliki ciri khas tersendiri, dan dapat menjadi daya tarik untuk wisata Kota," tuturnya.

Dia menambahkan kota Pangkalpinang sebagai ibu Kota Provinsi Bangka Belitung mesti tetap memiliki kelengkapan transportasi kota seperti angkot dan lainnya, sebagai perwujudan penyelenggaraan layanan publik berupa transportasi umum sesuai amanah undang-undang pelayanan publik tersebut.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved