Berita Pangkalpinang

Bahaya Paparan Timbal Bagi Anak, Bunda Paud Anjurkan Kepada Orang Tua Jaga Kebersihan

Tanpa disadari, gangguan kesehatan disebabkan karena hal-hal yang dianggap sepele namun memiliki dampak buruk bagi kehidupan

Bahaya Paparan Timbal Bagi Anak, Bunda Paud Anjurkan Kepada Orang Tua Jaga Kebersihan
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Bunda PAUD Pangkalpinang, Monica Haprinda (kiri) 

BANGKAPOS.COM - Tanpa disadari, gangguan kesehatan disebabkan karena hal-hal yang dianggap sepele namun memiliki dampak buruk bagi kehidupan. Terutama pada anak-anak saat usia pertumbuhan, rentan diserang penyakit. Satu di antara penyebab ancaman kesehatan adalah paparan timbal atau plumbism.

Timbal merupakan logam dari unsur kimia yang biasa digunakan untuk tambahan cat dan kosmetik bahkan mainan anak-anak.

Bunda PAUD Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda Maulan Aklil, mengatakan, orang tua harus proaktif mencari informasi mengenai bahaya timbal, bisa melalui sumber petugas kesehatan maupun media sosial.

Menurut Monica, anak-anak memiliki tubuh yang rentan sehingga orang tua sebagai proteksi utama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan anak-anak.

"yang terpenting jaga kebersihan dan prioritaskan anak-anak. Jangan sungkan-sungkan memeriksa kesehatan anak dan jangan sampai terlambat lalu menganggap sepele," ujar istri wali kota Pangkalpinang ini, Rabu (6/11/2019).

Ketua PKK Pangkalpinang ini menganjurkan para orang tua juga pilah pilih dalam membeli mainan anak-anak. Kalau bisa, menurutnya, orang tua membeli stelizer untuk mensterilkan mainan maupun peralatan makan anak sebelum dipegang. Bisa juga direndam dengan air hangat sebelum dipergunakan anak tersebut.

"Saya kalau ke PAUD juga menyarankan anak-anak dan orang tua jaga kebersihan. Boleh bermain, tetapi jangan lupa cuci tangan setelahnya," tambah Monica.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, Monica menganjurkan orang tua turut menjaga kebersihan diri sendiri. Jangan malas untuk menjaga kebersihan dimulai dari hal-hal kecil, seperti mandi minimal dua kali sehari, jaga kebersihan rumah dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved