Besok DPRD Bangka Belitung Gelar Dengar Pendapat Soal Penertiban Tambang

Penertiban tambang ilegal di Belitung yang hampir membahayakan keselamatan Wagub dan melukai Satpol PP Provinsi Bangka Belitung (Babel) menjadi

Besok DPRD Bangka Belitung Gelar Dengar Pendapat Soal Penertiban Tambang
Bangkapos.com/Hendra
Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi. 

Besok DPRD Bangka Belitung Gelar Dengar Pendapat Soal Penertiban Tambang

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penertiban tambang ilegal di Belitung yang hampir membahayakan keselamatan Wagub dan melukai Satpol PP Provinsi Bangka Belitung (Babel) menjadi perhatian serius DPRD Babel.

Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi mengatakan Komisi II, Kamis (7/11/2019) besok akan mengelar rapat dengar pendapat terkait permasalahan penertiban tambang.

"Kita ingin mendengarkan seperti apa sebenarnya SOP (standar operasi) dalam penindakan atau penertibang tambang di Belitung kemarin," kata Amri Cahyadi kepada bangkapos.com, Rabu (6/11/2019).

Terkait tidak adanya kordinasi antara Satpol PP dan kepolisian, Amri mengatakan tidak harus adanya koordinasi.

Penertiban peraturan daerah (perda) memang kewenangan dari Satpol PP.

Sedangkan untuk penertiban tambang, tidak hanya ranah kabupaten saja. Tapi termasuk ranah pemerintahan provinsi.

"Karena ranahnya provinsi tidak perlu harus melapor ke bupati. Dan memang tugasnya satpol pp menegakkan perda. Koordinasi dengan polisi perlu, tapi tidak harus. Dan karena ini kewenangan provinsi, tidak harus juga ada undangan dari Bupati. Apalagi yang hadir itu Wagub, masa wagub ke Belitung harus diundang atau izin bupati," jelas Amri.

Amri justru mempertanyakan pihak kepolisian di Belitung dan Pemkab Belitung. Keberadaan aktivitas tambang di Belitung yang lebih mengetahuinya pemkab Belitung dan pihak kepolisian di Belitung.

Beberapa satpol PP terluka dianiaya dan dipukul oleh para penambang. Kendaraan operasional wagub serta Satpol PP pun dirusak massa penambang.

Halaman
12
Penulis: Hendra
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved