Berita Pangkalpinang

Paparan Logam Berat Berpotensi Terjadi di Wilayah Industri

Di Pangkalpinang sendiri, menurut Mezi, industri tersebut tidak ada sehingga pihaknya belum pernah mendapat laporan

Paparan Logam Berat Berpotensi Terjadi di Wilayah Industri
Bangkapos/irakurniati
Kasi pencemaran lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Apriatama Annur Mezi 

BANGKAPOS.COM - Kasi pencemaran lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Apriatama Annur Mezi, mengatakan, timbal merupakan baham kimia yang termasuk logam berat. Biasanya cenderung dipergunakan sebagai bahan baku atau bisa pelapis-pelapis pada benda.

Logam berat ini juga cenderung ada pada industri-industri seperti baterai. Di Pangkalpinang sendiri, menurut Mezi, industri tersebut tidak ada sehingga pihaknya belum pernah mendapat laporan atau pengaduan mengenai kasus paparan timbal yang berbahaya.

Mezi menuturkan, secara khusus belum ada dilakukan kajian atau penelitian mengenai timbal oleh dinas lingkungan hidup. Biasanya, menurut dia, penelitian ini dilakukan oleh lembaga seperti LIPI. Pihaknya sebatas memberikan sosialisasi sumber-sumber pencemaran lingkungan secara umum dan mekanisme pengaduannya.

"poteni timbal pada industri-industri ini secara umum belum ada. Karena di kita industrinya berupa UMKM atau makanan. Tapi bisa juga karena ada smelter, kemungkinan udaranya bisa kita ukur kandungan logam beratnya," kata Mezi, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, paparan timbal yang masuk kedalam tubuh tentu berefek, namun dia tidak dapat menjelaskan secara medis karena merupakan bidang petugas kesehatan. Hanya saja, untuk melindungi dari paparan timbal yang utama yakni menjaga kebersihan lingkungan. Bisa saja, kata Mezi timbal juga terdapat ada cat, pipa ataupun mainan anak-anak sehingga harus diperhatikan betul aturan dan regulasinya.

"kalau untuk dimainan anak biasanya ada keterangan jangan ditelan atau dimakan. Nah itu bisa salah satunya dilapisi timbal. Jadi ikuti aturan saja," pungkasnya.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved