Berita Bangka Tengah

RSUD Bangka Tengah Belum Pernah Tangani Kasus Terkait Paparan Timbal

Timbal merupakan logam dari unsur kimia yang biasa digunakan untuk tambahan cat dan kosmetik.

RSUD Bangka Tengah Belum Pernah Tangani Kasus Terkait Paparan Timbal
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kabid Penunjang Klinis dan Non Klinis RSUD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Mukhrim. 

Timbal merupakan logam dari unsur kimia yang biasa digunakan untuk tambahan cat dan kosmetik. Selain itu, timbal juga ada di baterai, bensin, debu, dan keramik di rumah.

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tanpa disadari, gangguan kesehatan disebabkan karena hal-hal yang dianggap sepele namun memiliki dampak buruk bagi kehidupan.

Terutama pada anak-anak saat usia pertumbuhan, rentan diserang penyakit. Satu di antara penyebab ancaman kesehatan adalah paparan timbal atau plumbism.

Timbal merupakan logam dari unsur kimia yang biasa digunakan untuk tambahan cat dan kosmetik. Selain itu, timbal juga ada di baterai, bensin, debu, dan keramik di rumah.

Anak di bawah usia enam tahun, terlebih janin sangat rentan terkena racun timbal, yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan, kerusakan otak, sulit berkonsentrasi, merasa gelisah, dan mudah lelah.

Kerancunan timbal juga bisa dialami orang dewasa yang menyebabkan nyeri otot dan sendi, sakit kepala, sulit tidur, nyeri perut, dan suasana hati yang tak terkendali.

Kabid Penunjang Klinis dan Non Klinis RSUD Kabupaten Bangka Tengah Mukhrim mengatakan jika sampai saat ini RSUD Bangka Tengah belum pernah menangani pasien yang terindikasi terkena racun timbal.

"Sampai saat ini belum pernah," ujar Mukhrim, Rabu (6/11) kepada Bangkapos.com

Dan untuk saat ini ia juga mengatakan jika sepengetahuannya secara instansi RSUD Kabupaten Bateng juga belum pernah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait bahaya yang ditimbulkan akibat timbal.

Saat ditanyakan terkait upaya penanganan pasien dengan keadaan klinis keracunan timbal, Mukhrim mengatakan jika ia tidak memiliki kapasitas untuk menjabarkan hal tersebut.

Namun ia mengatakan jika dalam dunia kedokteran timbal juga memiliki manfaat, seperti untuk penangkal efek radiasi di ruang radiologi dan rontgen, dengan cara melapisi dinding di ruangan tersebut dengan timbal.

"Jadi pasien, keluarga pasien, atau pun petugas tidak terpapar oleh radiasi, sehingga dibutuhkan timbal untuk menahan,"

Dan ia juga mengatakan jika sepengetahuannya, hal itu juga sudah menjadi standar dalam dunia kedokteran jika ruang radiologi dan sejenisnya harus dilapisi timbal.

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved